Disbudparpora Sumenep Lamban Kembangkan Wisata Kirmata

Disbudparpora Sumenep Lamban Kembangkan Wisata Kirmata Kepala Disbudpora Kabupaten Sumenep, Sufiyanto. foto: rahmatullah/ BANGSAONLINE

SUMENEP, BANGSAONLINE.com – Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sumenep baru sadar bahwa Kirmata yang ada di Desa Saronggi, Kecamatan Saronggi, berpotensi sebagai tempat wisata. Sehingga wajar apabila tempat pemandian itu tidak sejak dulu digarap sebagai salah satu objek wisata.

Kepala Disbudpora Kabupaten Sumenep, Sufiyanto, mengaku saat ini memang baru fokus mengembangkan wisata Kirmata tersebut, juga beberapa destinasi wisata lain. Katanya, salah satu yang menunjang adalah lahan Kirmata merupakan millik Pemkab. Status kepemilikan tanah tersebut sudah sejak puluhan tahun silam. Dan saat ini Kirmata sedang dilakukan penelitian untuk memformulasikan pengembangan yang akan dirancang.

“Pembebasan lahan di Kirmata sudah dilakukan sejak dulu, bahkan sebelum saya bekerja,” ungkapnya, Kamis (19/5).

Pengelolaan tempat wisata satu ini rencananya akan menggandeng investor. Dengan konsep baru yang dibawa, dia yakin Kirmata akan menjadi salah satu primadora destinasi wisata. Selain akan menawarkan nilai eksotisme yang cukup menawan, pengolaan Kirmata juga memasukkan konsep outbond dan kuliner.

“Konsep baru ini tentu saja tidak ada sebelumnya,” tegasnya.

Sofi menambahkan, lokasi Kirmata terletak di jalan laluan. Warga Sumenep yang hendak ke luar daerah bisa mampir terlebih dahulu ke tempat itu dengan alternatif jalan yang mudah dijangkau. Begitu juga bagi warga luar daerah yang ingin mencecap keindahan semua potensi wisata masih bisa sejenak mampir di Kirmata. Dengan lokasi yang dirasa menunjang terhadap keeksisan wisata itu, geliat wisata Kirmata diyakini akan semakin bagus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO