Pansus RPJMD DPRD Gresik Sesalkan Banyak Program tak Sesuai Janji Bupati-Wabup

Pansus RPJMD DPRD Gresik Sesalkan Banyak Program tak Sesuai Janji Bupati-Wabup DPRD Gresik ketika paripurna RPJMD. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Tim Panitia Khusus (Pansus) yang membahas Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021, bekerja ekstra maraton untuk menuntaskan pembahasan.

Belum lama ini, Pansus RPJMD melakukan konsultasi ke Departemen Dalam Negeri (Depdagri). Hasilnya, Pansus diminta untuk memelototi program-program yang tertuang di RPJMD.

"Di sana apakah program-program yang pernah dijanjikan oleh Bupati-Wabup, Sambari Halim Radianto-Moh.Qosim, sudah masuk apa belum. Terus, apakah program sudah sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), atau tidak," kata anggota Pansus RPJMD tahun 2016-2021, Mustajab, Senin (23/5).

Menurut dia, dari hasil pembahasan sementara Pansus RPJMD, ternyata banyak program yang telah dijanjikan Bupati-Wabup, tidak masuk dalam draft RPJMD.

Program dimaksud, tegas Mustajab di antaranya, soal penuntasan penanganan Kali Lamong. Di mana, dalam RPJMD tersebut tidak ada program konkret yang akan dilakukan untuk mengatasi Kali Lamong agar tidak kembali meluap pada saat musim hujan.

"Padahal, Bupati-Wabup saat kampanye Pilkada 2015 berjanji kepada masyarakat akan lakukan normalisasi Kali Lamong agar tidak kembali meluap," ungkapnya.

Kemudian, program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Gresik yang angkanya masih mencapai di atas 13 persen lebih. "Di RPJMD itu tidak ada program yang bisa dijanjikan untuk mengatasi program pengentasan kemiskinan," jelas Mustajab

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO