Lagi, Warga Desa Rahayu Demo JOB PPEJ, Tuntut Kompensasi

Lagi, Warga Desa Rahayu Demo JOB PPEJ, Tuntut Kompensasi foto: SUWANDI/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Ratusan warga Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban yang tergabung dalam Gerakan Rahayu Kompensasi (Gerah Kobar) kembali mendemo Joint Operating Body Pertamina-Petrochina East Java (JOB-PPEJ), Senin (25/7). Mereka mendatangi lokasi tapak sumur Pad B lapangan Mudi yang berada di Desa Rahayu.

Wakil Ketua Gerah Kobar, M Sholihin menyampaikan, aksi kedua ini dilakukan lantaran JOB-PPEJ tidak memberikan dana kompensasi pada warga sekitar akibat dampak flare. Ia berdalih, selama flare menyala warga Desa Rahayu, khususnya Dusun Sarirejo dan Gandu terkena dampak panas, instesitas cahaya tinggi hingga mengakibatkan H2S.

“Aksi tidak akan berhenti jika perusahaan tidak memberikan kontribusi ke warga terdampak,” terang sholihin.

Ia dan warga mengaku akan bersikukuh meminta kompensasi selama flare tersebut masih menyala. Sebaliknya, akan berhenti meminta tuntutan jika flare tersebut sudah mati. “Kami akan hentikan tuntutan ini, asal flare tersebut tidak menyala,” imbuhnya.

Serupa disampaikan oleh Kepala Desa Rahayu, Sukisno. Ia mengatakan bahwa selama ini JOB-PPEJ kurang proaktif sehingga warga turun untuk demo.

Namun warga akhirnya bubar dengan tertib sesuai kesepakatan semua koordintor lapangan, orator dan masing-masing ketua Rukun Tetanggga (RT). “Kita bubar dulu, selanjutnya akan menggelar aksi serupa. Guna meminta tuntutan dana kompensasi bagi warga terdampak,” jelas Sukisno.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO