Keluarga Tumpuan Kesehatan Gigi dan Mulut

Keluarga Tumpuan Kesehatan Gigi dan Mulut

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Lebih dari 60 anak pelajar sekolah dasar binaan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (UNAIR) tengah bersuka ria. Mereka diajak belajar cara menggosok gigi dengan benar oleh dokter gigi muda pada rangakaian acara Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) tahun 2016. Acara tersebut akan berlangsung pada tanggal 3 - 5 Oktober 2016.

"Jangan digosok, ya, tapi disikat ke atas dan bawah secara perlahan," tutur dokter gigi yang mengajari mereka. "Cara mengeluarkan pasta gigi jangan terlalu banyak. Cukup sebesar apa? Sebesar biji jagung," tutur dokter gigi yang lainnya.

Peserta yang berasal dari Sekolah Dasar Negeri Rangkah VI Kota Surabaya mengikuti dengan seksama saat diajari oleh dokter. Friska, salah satunya. Ia selalu mengikuti kata dokter untuk menggosok gigi dengan benar. Katanya, pengetahuan tersebut cukup berharga untuk dipraktikkan di rumahnya.

"Senang (tadi diajari, red). Biasanya cuma digosok aja (kanan kiri), dan nggak ada kotorannya. Tapi, tadi pas gosok gigi di depan, kotorannya rontok semua," tutur murid kelas V SD itu.

Setelah menggosok gigi, mereka diajak untuk memeriksakan gigi. Tempatnya, di Rumah Sakit Gigi dan Mulut UNAIR. Acara gosok gigi dan periksa yang dilaksanakan secara gratis itu merupakan bagian dari penyelenggaraan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) tahun 2016. Acara BKGN dilaksanakan secara tahunan yang merupakan hasil kolaborasi antara Persatuan Dokter Gigi Nasional (PDGI), dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI). Kegiatan ini diselenggarakan di 21 FKG di seluruh Indonesia. Salah satunya FKG UNAIR.

Acara tahunan tersebut secara resmi dibuka pada Senin (3/10). Bertempat di RSGM UNAIR, peresmian acara dihadiri oleh Wakil Dekan III FKG UNAIR Ketut Suardita, drg., Ph.D., Sp.KG (K), Wakil Rektor III UNAIR Prof. Ir. M. Amin Alamsjah, Ph.D, Direktur RSGM UNAIR Prof. RM. Coen Pramono D., drg., SU., Sp.BM (K), dan Ketua Panitia BKGN FKG UNAIR Dr. Desiana Raditya, drg., Sp.M. (yul/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO