Rabu, 21 April 2021 06:28

Peringati Hari Sumpah Pemuda, BSTF Mengajak Para Pelajar Lestarikan Satwa dan Biota Laut

Minggu, 30 Oktober 2016 13:48 WIB
Peringati Hari Sumpah Pemuda, BSTF Mengajak Para Pelajar Lestarikan Satwa dan Biota Laut

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda, Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF) menggelar kegiatan pelestarian satwa dan biota laut bersama para pelajar, di pantai Boom, kemarin (29/10). Dengan mengambil tema “Pelespasliaran Tukik Kebangsaan Bhinneka Tugal Ika”, para pelajar diajak melepas 245 tukik.

Selain para pelajar, kegiatan ini juga melibatkan para tokoh lintas agama, Suku, Etnis dan warga asing yang berdomisili di Kabupaten Banyuwangi. Sesuai momentum peringatan Sumpah Pemuda ke-88, selain pelepasliaran tukik, mereka juga mengadakan upacara dengan memakai pakaian adat 34 Provinsi yang ada di Indonesia.

Ketua BSTF Vinna Haditanojo saat diwawancarai oleh BANGSAONLINE.com mengatakan bahwa pemuda dan pemudi harus berada di garis terdepan untuk penyelamatan satwa penyu di Indonesia.

"BSTF sendiri sudah melakukan sosialisasi sebanyak 13 kali yang dilaksanakan di tingkat sekolah seperti TK, SD, SMP, MTS, SMA, SMK. Dan juga kita telah mengadakan perkuliahan umum di Fakultas Kedokteran Hewan di kampus Unair Banyuwangi," terangnya.

BACA JUGA : 

Teka-Teki Uang Rp500 Juta dan 3 Tahanan Narkoba Polresta Banyuwangi yang Keluar Sel Dikawal Perwira

Sukses Bekuk Oknum Saat Pesta Narkoba, Tim Tipidsus Polresta Banyuwangi Dapat Penghargaan

Bos Baby Lobster di Banyuwangi Diringkus Saat Pesta Narkoba, Libatkan Oknum Kades dan Polisi

Nikmatnya Menyantap Pepesan Sidat di Oling River Food Festival

Menurut Vinna, tahun 2016 ini sangat spesial karena pihaknya juga telah melakukan pemindahan sarang dari sisi selatan ke sisi utara dekat pentas teather pantai boom. "Dalam pemindahan sarang ini kami juga dibangunkan sarang baru oleh PT. Pelindo 3 dan sarang ini sudah di gunakan sejak bulan april 2016 lalu. Sosialisasi yang kami lakukan selama 2016 ini membuahkan hasil yang positif. Sedikit demi sedikit prilaku masyarakat mengalami perubahan yang dulunya berjualan telur penyu sekarang sudah tidak lagi," paparnya.

Lanjut Vinna, masyarakat yang biasanya mengkomsumsi telur penyu, kini sudah tidak lagi. Menurutnya, perubahan perilaku masyarakat merupakan tanda yang positif terhadap pelestarian penyu di Indonesia terutamanya di Banyuwangi.

Vinna juga menjelaskan BSTF sendiri juga sudah mengadakan penyelamatan penyu di luar konservasi di area pantai ujung timur Pulau Jawa dengan cakupan area dari pantai Ketapang, Pantai Bulusan, Pantai Cacalan, Pantai Boom, Santen Island Beach, Pantai Sobo, Pantai Cemara, Pantai Blimbingsari, Pantai Bomo sampai pantai Muncar.

"Kami di tahun 2016 juga sudah menyelamatan 127 sarang,12.624 butir telur dengan yang sudah menetas sebanyak 8.836 ekor tukik. Dan kami dalam periode 2016 juga telah melepasliarakan tukik lebih dari 20 kali. Kegiatan ini masih berlansung sampai November 2016," pungkasnya. (bwi1/rev)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 21 April 2021 06:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Mengerikan. Mobil mewah Tesla terbakar. Yang menjadi mistri, tak ditemukan mayat di kursi kemudi. Mayat hanya ditemukan di kursi samping dan jok belakang.Apa sistem autopilot yang jadi kebanggaan Tesla tidak berfungs...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...