Operasi Patuh Semeru 2017 Dimulai Hari ini hingga 22 Mei

Operasi Patuh Semeru 2017 Dimulai Hari ini hingga 22 Mei Kapolestabes Surabaya saat mengecek kelengkapan kendaraan Satlantas.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Polrestabes Surabaya menggelar Operasi Patuh Semeru 2017. Operasi tersebut berlangsung selama 14 hari mulai dari tanggal 9 Mei hingga tanggal 22 Mei 2017. Operasi ini bertujuan untuk menekan tingkat kecelakaan masyarakat dalam berlalu lintas.

Mengawali operasi patuh ini, Kapolrestabes Surabaya Kombespol Mohammad Iqbal memimpin jalannya apel gelar pasukan dalam rangka operasi patuh semeru 2017, Selasa (9/5) pukul 07.00 WIB di lapangan depan Mako Polrestabes Surabaya di Jalan Taman Sikatan No 1 Surabaya.

Dalam pelaksanaan apel gelar pasukan tersebut, Mohammad Iqbal menyematkan tanda pita operasi patuh semeru 2017 kepada tiga perwakilan. Setelah memberikan amanat, Kapolrestabes Surabaya didampingi pejabat utama Polrestabes Surabaya melakukan pengecekan terhadap kendaraan Dinas Satlantas Polrestabes Surabaya.

Operasi Patuh Semeru 2017 Polrestabes Surabaya ini melibatkan 199 personil. Di mana yang dikedepankan adalah anggota Lantas Polrestabes Surabaya, dengan jumlah hampir 90 personil. Sisanya, terbagi dari fungsi Sabhara, Reskrim dan lainnya.

"Rekan-rekan ini merupakan bantuan samping, yang nantinya kami libatkan dalam razia kepolisian yang kemungkinan terjadi pelanggaran dari instansi samping. Operasi ini adalah operasi terpusat, seluruh jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia juga melaksanakan operasi ini. Tujuannya, untuk menekan angka kriminalitas dan kecelakaan, terutama kecelakaan yang memiliki fatalitas luka berat hingga meninggal dunia," ungkap Mohammad Iqbal.

"Operasi ini adalah operasi cipta kondisi menjelang bulan suci Ramadhan, sehingga semua masyarakat memahami bahwa keselamatan, kelancaran lalulintas itu merupakan faktor terpenting," sambungnya.

Dibeberkan Iqbal, saat ini angka kecelakaan di Surabaya memang cenderung menurun. Tetapi polrestabes Surabaya tidak berhenti sampai di situ. Iqbal mengimbau kepada semua jajaran, bukan cuma anggota lantas, untuk menekan angka kecelakaan hingga 50%. Dengan cara tindakan preventif dan preentif.

"Caranya, lewat cangkrukan kamtibmas, patroli sepeda, juga melaksanakan imbauan kamtibmas pada saat safari solat Jumat dan safari sholat Subuh. Kepada Satlantas bisa memberikan imbauan ke dalam terminal-terminal serta seluruh komunitas yang ada di surabaya," paparnya.

"Operasi patuh ini dilaksanakan dengan dilakukan penilangan, sehingga para pelanggar peraturan lalulintas bisa mengerti dan memahami bahwa, Polrestabes surabaya melakukan penindakan untuk menyelamatkan mereka, bukan sekedar menilang tetapi juga menyelamatkan mereka," pungkas Kapolrestabes Surabaya. (irw/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO