Hal-hal Unik yang Ada di Indonesia Selama Puasa

Hal-hal Unik yang Ada di Indonesia Selama Puasa

RAMADAN, bulan yang penuh berkah bagi umat Muslim di seluruh dunia ini paling membahagiakan jika dijalani bersama keluarga dan teman-teman. Hampir semua kawan yang pernah atau sedang tinggal di luar negeri mengatakan bahwa “rasa” Ramadan yang paling istimewa cuma ada di Indonesia. Menurut mereka, ada hal-hal yang hanya ada di Indonesia selama Ramadan. Apa saja itu?

Bedug Maghrib

Jangan heran jika suara bedug Maghrib menjadi acara dengan rating paling tinggi di televisi Indonesia. Terbukti dengan ramainya iklan yang tayang menjelang Bedug Maghrib. Soalnya memang di Indonesia bedug yang dibunyikan sebelum adzan dikumandangkan merupakan pertanda sudah masuknya waktu berbuka. Dan kegiatan memukul bedug sebagai penanda berbuka puasa ini cuma ada di Indonesia saja.

Takjil

Saat berbuka puasa biasanya tidak langsung main hajar dengan makanan berat seperti nasi dan lauk pauknya. Di Indonesia tajil atau penganan kecil menjadi pilihan untuk membatalkan puasa. Rasulullah SAW memberikan contoh untuk berbuka puasa dengan kurma. Tetapi di Indonesia selain kurma ada beberapa makanan khas berbuka puasa yang biasanya hanya ada di bulan Ramadan seperti putu mayang, lupis, manisan kolang-kaling dan kolak. Duh, siapa yang sudah kangen makan takjil khas seperti saya? Menjamurnya kios-kios dadakan yang menjajakan tajil di sepanjang jalan setiap sore menjelang waktu buka puasa menandakan tingginya permintaan tajil.

Ngabuburit

Ngabuburit adalah istilah yang berasal dari bahasa Sunda yang artinya melakukan kegiatan tertentu sembari menunggu datangnya waktu maghrib atau waktu buka puasa. Dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan waktu berpuasa berlalu tanpa terasa sehingga kegiatan berpuasa tidak terasa berat.

Sumber: tanda pagar

Lihat juga video 'Ratusan Karyawan PT Simone Bogor Mengalami Kesurupan Massal':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO