HUT Koperasi ke-70 di Tulungagung, Pakde: Pemerintah Harus Peduli pada Koperasi dan UMKM

HUT Koperasi ke-70 di Tulungagung, Pakde: Pemerintah Harus Peduli  pada Koperasi dan UMKM Gubernur Jawa Timur dan Menteri Koperasi ketika meninjau stand-stand UMKM dalam peringatan HUT Koperasi ke-70 di Tulungagung.

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Soekarwo menegaskan pentingnya mendorong dan menguatkan peran dan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) demi menghadapi liberalisasi dan perdagangan bebas di tingkat regional kawasan ASEAN maupun internasional.

"Pilihan kita, memberikan keseimbangan dalam pasar global, dengan pemerintahnya membela yang kecil sehingga dapat berkembang dan memiliki daya beli," kata Gubernur Jatim Soekarwo saat memberi sambutan dalam Peringatan Hari Koperasi ke-70 Provinsi Jawa Timur di GOR Lembu Peteng kabupaten Tulungagung, Jumat.

Menurut Soekarwo, pada saat semua berpikiran usahaefisien adalah pemenang, maka usaha yang kecil kalah karena usaha kecil kurang efisien.

Krisis sekarang disebabkan kegagalan dari prinsip efisiensi liberalisasi, yang menjadikan usaha kecil mati atau tidak dapat berkembang, ujarnya.

"Kalau ingin negara maju, jangan biarkan dan UMKM kalah dengan perusahaan-perusahaan multinasional," kata Pakde Karwo, sapaan karib Gubernur Jatim itu.

Untuk itu, Pakde Karwo menegaskan bahwa Pemprov Jatim berkomitmen terhadap pemihakkan kepada dan UMKM.

Dalam hal ini, lanjut dia, Pemprov Jatim melalui program "APBD untuk Rakyat" terus fokus pada pengembangan dan penguatan sektor usaha mikro, kecil dan menengah, serta peran.

Di hadapan Menteri Koperasi dan UKM, Pakde Karwo melaporkan, komitmen Pemprov Jatim ini membuahkan hasil pada dan UMKM.

Koperasi dan UMKM di Jatim telah berkontribusi sebanyak Rp1.020 triliun atau kontribusi 54,98 persen pada PDRB Jatim.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan UKM A.A. Gde Ngurah Puspayoga mengatakan, pihaknya telah membuat program untuk dan umkm yang tidak terjaring oleh kredit usaha rakyat (KUR).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO