Ngaji Bareng Cak Nun "Menuju Revolusi Industri 4.0", Emil: Jangan Takut Teknologi

Ngaji Bareng Cak Nun "Menuju Revolusi Industri 4.0", Emil: Jangan Takut Teknologi Emil Dardak Ngaji Bareng Cak Nun di Malang.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Persatuan Insinyur Indonesia (PII) menggelar acara Ngaji Bareng Cak Nun dalam rangka ulang tahunnya ke-66. Acara ini diselenggarakan di lapangan Kampus Universitas Brawijaya, Malang, Jumat (01/06).

Acara yang mengambil tema "Menuju Revolusi Industri 4.0" ini dihadiri oleh puluhan insinyur yang tergabung dalam PII dan ribuan jamaah ngaji roso Cak Nun yang hadir dari berbagai daerah. Dalam pembukaannya, Cak Nun mengajak Emil dengan seluruh jamaah yang hadir untuk bersama-sama membangun dan menjaga negeri.

"Mas Emil ini temen-temen semua adalah teman sampian untuk membangun negeri ini," ujar Cak Nun di depan jamaah.

Lebih lanjut, Cak Nun memberi wejangan pada jamaah Maiyah untuk belajar kepada para insinyur-insinyur handal. Begitupun sebaliknya para insinyur-insinyur juga belajar kepada jamaah Maiyah yang menghadapi kerasnya kehidupan.

Dalam acara tersebut juga dipaparkan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah mengubah dunia. Sebagaimana revolusi generasi pertama, melahirkan sejarah ketika tenaga manusia dan hewan digantikan kemunculan mesin uap.

Berikutnya, pada revolusi industri generasi kedua ditandai dengan kemunculan pembangkit tenaga listrik dan motor. Kemudian, revolusi industri generasi ketiga ditandai dengan kemunculan komputer.

Sedangkan revolusi industri generasi keempat, menemukan pola baru ketika disruptif teknologi (disruptivetechnology) hadir begitu cepat. Di era ini mesin dengan mesin saling berkomunikasi, atau bisa disebut era ini sebagai era superkomputer

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO