Forum Komandan Bahas Risk Management Menuju Zero Accident

Forum Komandan Bahas Risk Management Menuju Zero Accident

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komandan Komando Latihan (Dankolat) , Kolonel Laut (P) Arif Badrudin, M.Mgt. Stud., memimpin pelaksanaan Forum Komandan di jajaran , dengan menyampaikan paparan tentang Risk Management menuju Zero Accident, di Gedung Mandalika , Ujung Surabaya, Rabu (24/10/2018).

Sebelum paparan, kegiatan diawali dengan gelar latihan Peran Penyelamatan Kapal (PEK) oleh prajurit Kolat dengan melaksanakan penanggulangan kebakaran. Selanjutnya dalam paparannya, Dankolat yang pernah menjabat sebagai Komandan Lanal Ranai menyampaikan bahwa risk management atau pengelolaan resiko merupakan suatu proses identifikasi, analisis, penilaian, pengendalian, dan upaya menghindari, meminimalisir, atau bahkan menghapus risiko yang akan terjadi khususnya di pangkalan atau kapal perang.

Baca Juga: Targetkan Capai 70 Persen, Pangkoarmada II Gelar Serbuan Vaksin di Ngawi 30 Ribu Dosis

Menurut Arif, kemungkinan terjadinya sesuatu yang akan berdampak terhadap tujuan dari suatu kegiatan karena resiko sering kali muncul dari dilaksanakannya suatu kegiatan dan lingkungan sekelilingnya dan resiko dapat dihitung dengan menggabungkan konsekuensi serta kemungkinan terjadinya resiko. 

Karena 60% kecelakaan disebabkan oleh human error akibat, kesalahan pengambilan keputusan (poor judgment), kurang memperhatikan sekeliling (inattention), pengawasan yang tidak efektif, ketidakmampuan menganalisa resiko, belum ada alat standar untuk digunakan dalam menganalisa resiko di Indonesia.

Lanjutnya, untuk menghindari resiko yang tidak perlu, maka sebelum tugas malam perhatikan waktu mengoperasikan alat, memikirkan hal lain akibat dampak resiko yang akan terjadi, dan tidak menggunakan alat perlengkapan keselamatan kerja. 

Baca Juga: 3.000 Warga Blitar Mendapatkan Telur Gratis Usai Mengikuti Vaksinasi

Selain itu, membuat keputusan sesuai kewenangan yang dimiliki seperti Otoritas GO/NO GO, Otoritas Absensi, maupun Otoritas di tempat kerja, serta mengambil resiko jika keuntungan lebih besar diantaranya yaitu menambah jam kerja dan deadline produksi, serta mengurangi tenaga demi efisiensi.

Hadir dalam acara Forum Komandan diantaranya, para Komandan Satuan jajaran , dan para Komandan KRI yang berada di pangkalan, serta Staf Kolat . (*/ian)

Sumber: *Dispen Koarmada II

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO