Sehari 2 Orang Tersambar Petir, Ini Imbauan BPBD Tuban

Sehari 2 Orang Tersambar Petir, Ini Imbauan BPBD Tuban Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiono.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memberikan imbauan kepada masyarakat agar waspada terhadap sambaran petir. Imbauan tersebut dikeluarkan setelah adanya insiden 2 orang tersambar petir yang berakibat hilangnya nyawa.

"Pada hari Sabtu (12/1) kemarin BPBD menerima laporan ada 2 orang tersambar petir, yakni di Kecamatan Parengan dan Bangilan," ujar Kepala BPBD, Joko Ludiono saat dikonfirmasi, Senin (14/1).

Agar peritiwa tersebut tak terulang, berikut imbauan dan tips dari BPBD agar terhindar dari petaka saat terjadi petir:

1. Saat di Luar Ruangan

a. Cari tempat berlindung, jangan berada di lapangan terbuka karena petir justru akan menyambar anda. Carilah bangunan atau mobil dan masuklah ke dalamnya.

b. Jangan berlari ke tempat terbuka seperti lapangan atau ladang. Karena petir mencari lapisan tanah untuk melepaskan energinya.

c. Jika saat terdengar petir yang menggelegar anda masih berada di air, misal kolam renang atau sungai, segeralah keluar. Air akan menjadi sasaran petir untuk melepaskan energi.

d. Hindarilah berlindung di bawah pohon karena ini sangat berbahaya. Karena jika pohon tersebut tersambar petir, energi petir tersebut akan lompat ke tubuh anda.

e. Jauhi tiang atau menara yang tinggi dan mudah tersambar petir.

f. Jangan terlalu dekat dengan orang lain. Jaga jarak minimal 4 meter agar tidak terjadi penyaluran energi.

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO