Terlibat Skandal Kekerasan Seks, Tiga Pastur Diadili

Terlibat Skandal Kekerasan Seks, Tiga Pastur Diadili Paus Fransiskus. Foto; antara

GRANADA(BangsaOnline) Pengadilan Spanyol mengadili tiga pastur Katolik dan seorang warga biasa atas dakwaan kekerasan seks terhadap anak. Kasus ini diselidiki atas informasi dari Paus Fransiskus yang menerima laporan korban.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (28/11/2014), keempat tersangka ditangkap di Granada, Spanyol pada Senin (24/11) namun kemudian dilepaskan setelah membayar jaminan. Tidak disebutkan identitas para tersangka.

Kasus ini mulai mencuat setelah seorang pria yang merupakan salah satu korban menulis surat kepada Paus Fransiskus. Isi surat tersebut mengklaim bahwa pria ini pernah menjadi korban pencabulan ketika masih menjadi altar boy, yang bertugas mendampingi pastur.

Tidak lama setelah surat tersebut, korban kedua pun muncul ke publik dengan tudingan yang sama terhadap tersangka yang sama. Tidak dijelaskan lebih lanjut kapan tindak kekerasan seks tersebut terjadi.

Setelah serangkaian yang mencuat dalam beberapa tahun terakhir, dengan banyaknya tudingan terhadap pastur dan anggota keuskupan di negara-negara Eropa, Amerika dan Asia, Paus Fransiskus berjanji akan menindak tegas kasus-kasus semacam ini.

Pekan ini, Paus Fransiskus mengakui dirinya secara personel meminta dilakukannya penyelidikan atas tudingan di Granada.

"Kebenaran adalah kebenaran dan kita seharusnya tidak menutupinya," ucapnya.

Sumber: detik.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO