Pemkab Tuban Gelar Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Pemkab Tuban Gelar Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Bupati Tuban H. Fathul Huda meninjau sarana prasarana saat apel gelar pasukan kesiapsagaan penanggulangan bencana.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Tuban H. Fathul Huda memimpin apel gelar pasukan dan perlengkapan dalam rangka penanggulangan bencana hidrometeorologi di Alun-alun Tuban, Kamis (16/1).

Di hadapan ratusan personel tanggap bencana, Bupati Tuban H. Fathul Huda mengajak masyarakat ikut meningkatkan kewaspadaan dan kesiapan mengantisipasi bencana. Sebab, penanggulangan bencana menjadi tanggungjawab semua pihak.

"Masyarakat juga harus memperhatikan kondisi sekitarnya mengingat kondisi di tiap memiliki potensi bencana yang berbeda pula. Salah satunya, rutin membersihkan saluran air," ungkapnya.

Ia juga meminta masyarakat lebih sering mematau pemberitahuan dan informasi terkini. Mulai dari ketinggian air sungai, gelombang, curah hujan, dan prakiraan cuaca. "Ini menjadi salah satu langkah untuk mengantisipasi bencana yang bisa sewaktu-waktu terjadi," tuturnya.

Bupati Huda menjelaskan, penanggulangan bencana mencakup pra bencana, penanganan bencana, dan pasca bencana. Sampai saat ini, langkah pra bencana yang telah dilakukan salah satunya dengan menyiapkan anggaran lahan untuk pembangunan tanggul Bengawan Solo yang menjadi program prioritas Pemerintah Pusat dan tertuang dalam Perpres no. 80 tahun 2019.

"Dengan berbagai langkah mitigasi bencana, akan meminimalkan kerugian dan korban yang timbul saat bencana," tutupnya.

Dalam kesempatan ini, orang nomor satu di Bumi Wali ini mengimbau agar para nelayan ikut mendaftarkan diri di BPJS Ketenagakerjaan agar mendapat asuransi kecelakaan kerja. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO