Sabtu, 31 Oktober 2020 14:58

Fauzi Inginkan Kabupaten Sumenep jadi Kampung Silat

Minggu, 02 Februari 2020 21:30 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Sahlan
Fauzi Inginkan Kabupaten Sumenep jadi Kampung Silat
Hari Ulang Tahun (HUT) ke-53 Perguruan Silat Nasional (PSN) Perisai Putih dan Pelantikan Pengurus Kabupaten periode 2019 – 2023 di salah satu Hotel, Minggu (02/02/2020).

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Perguruan pencak silat harus terus menyebarkan organisasinya ke seluruh pelosok di daerah. Hal itu untuk menjadikan Sumenep sebagai kampung silat di Jawa Timur, bahkan di Indonesia.

Harapan itu datang dari Wakil Bupati (Wabup) Sumenep Achmad Fauzi, S.H. pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-53 Perguruan Silat Nasional (PSN) Perisai Putih dan Pelantikan Pengurus Kabupaten periode 2019 – 2023 di salah satu Hotel, Minggu (02/02/2020.

“Marilah kita jadikan Sumenep menjadi kampung silat,” ajaknya saat menyampaikan sambutan.

Dengan adanya perguruan pencak silat, kata Fauzi, desa juga akan mendapatkan efek positif berupa lestarinya warisan budaya leluhur. Apalagi, olahraga silat mampu menumbuhkan karakter bangsa yang kuat dan pemberani pada generasi muda.

“Diharapkan dengan bisa silat membentuk karakter remaja, anak muda mempunyai karakter, dan tidak mudah terpengaruh dengan perilaku-perilaku negatif seiring gencarnya teknologi dan informasi dewasa ini,” tegasnya.

“Memajukan pencak silat di Sumenep membutuhkan kebersamaan untuk mewujudkan tujuan organisasi serta kemajuan prestasi silat, baik level regional maupun nasional. Jangan sampai di antara perguruan pencak silat ada perselisihan, namun harus bersatu dalam upaya mengembangkan pencak silat,” imbuhnya.

Pada acara itu, Wakil Bupati Fauzi juga mendapat penganugerahan dewan kehormatan ditandai dengan pemasangan sabuk warna hitam dan pemberian piagam kehormatan yang dilakukan oleh pengurus pusat PSN Perisai Putih.

Sementara, Ketua PSN Perisai Putih Cabang Sumenep, Imam Syafi’i menambahkan, pihaknya telah memiliki jaringan ranting di 13 kecamatan dari 27 kecamatan se-Kabupaten Sumenep. Ia menargetkan tahun ini bisa menambah jaringan ke kecamatan lainnya.

Berdasarkan buku induk Perisai Putih Sumenep, sejak 1980 hingga 2017, total ada 15 ribu anggota Perisai Putih Sumenep. “Berbagai prestasi juga telah diraih perguruannya baik di tingkat Provinsi Jawa Timur, Nasional, dan dunia seperti Juara III Festival Bela Diri Dunia tahun 2015 di Korea Selatan,” terangnya. (aln/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...