Sabtu, 31 Oktober 2020 17:29

Rekonstruksi Pembunuhan Guru di Jombang, Tersangka Peragakan 36 Adegan

Rabu, 12 Februari 2020 15:11 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Aan Amrulloh
Rekonstruksi Pembunuhan Guru di Jombang, Tersangka Peragakan 36 Adegan
Tersangka saat memperagakan adegan mencekik korban. foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Kepolisian Resort (Polres) Jombang, menggelar rekonstruksi perampokan disertai dengan kekerasan yang mengakibatkan hilangnya nyawa Elly Marida (45), seorang guru SMP Negeri 1 Perak, Rabu (12/02).

Dengan menghadirkan kedua tersangka yang merupakan pasangan suami istri, yakni Wahyu Puji Winarno (30), dan Sri Wahyu Ningsih (21), asal Desa Cangkringrandu, rekontruksi dilakukan di lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP), yakni rumah korban di Desa Temuwulan, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang.

Didampingi oleh anggota dari Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Jombang, kedua tersangka memperagakan sebanyak 36 adegan, mulai dari awal pasutri tersebut datang hingga melakukan perbuatan keji terhadap korban.

Kapolres Jombang, AKBP Boby Pa’ludin Tambunan mengatakan, rekontruksi dilakukan guna menggambarkan kronologi perampokan yang disertai dengan kekerasan yang terjadi pada bulan Desember tahun lalu.

“Ini untuk menyakinkan bagaimana peristiwa ini terjadi, sehingga baik penyidik serta Jaksa Penuntut Umum (JPU) agar mendapatkan pemahaman yang sama dalam menangani kasus ini,” ucapnya.

Dari 36 adegan, lanjut Boby, ada beberapa yang tidak diperagakan oleh tersangka, sebab berada di lokasi yang berbeda karena itu semata-mata berkaitan dengan teknis penyidikan.

“Adegan yang tidak dilakukan yakni ketika tersangka menjual Hp milik korban ke konter serta meminjam pisau dan sepeda motor,” terangnya.

Sementara, suami korban, Edi Purnomo (47), yang turut serta menyaksikan rekontruksi tersebut meminta kepada penegak hukum agar pelaku dihukum seberat-beratnya, sesuai dengan apa yang dilakukan tersangka.

“Dari pihak keluarga menghendaki kedua pelaku di hukum seberat-beratnya. Sebab korban di usianya yang masih (45) yang berstatus PNS adalah usia yang masih produktif sebagai tenaga pendidik,” pungkasnya.

Usai giat rekontruksi, ribuan warga yang menyaksikan dari luar pagar rumah korban melontarkan kata-kata kasar kepada tersangka pasutri tersebut saat dimasukkan ke dalam mobil petugas. Bahkan beberapa pihak keluarga yang hadir sempat tersulut emosi dan ingin menghakimi tersangka.

Beruntung pihak petugas kepolisian yang menjaga jalannya proses rekontruksi langsung sigap dan segera memasukkan kedua tersangka kedalam mobil. Amarah pihak keluarga dan warga pun akhirnya berhasil diredam.

Sebelumnya, peristiwa tragis tersebut terjadi pada Sabtu 21 Desember 2019 lalu. Akibat perbuatannya, kedua tersangka akan dijerat dengan pasal 339 KUHP subsider Pasal 338 dan 365 KUHP, dengan ancaman hukumannya maksimal seumur hidup atau 20 tahun penjara.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...