Marak Pencurian, Ini Imbauan DMI bagi Pengurus Tempat Ibadah

Marak Pencurian, Ini Imbauan DMI bagi Pengurus Tempat Ibadah Ketua Pimpinan Cabang Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Batu, H. Achmad Marzuki.

KOTA BATU,BANGSAONLINE.com - Maraknya aksi pencurian dengan sasaran kotak amal dan peralatan salat di Masjid dan Mushalla di wilayah , mendapat tanggapan serius Ketua Pimpinan Cabang (DMI) , H. Achmad Marzuki.

Dia mengingatkan semua pengurus masjid dan mushalla di agar segera memasang CCTV di sudut-sudut yang dianggap rawan terjadinya tindak pidana.

"Selain memasang CCTV, kami sarankan juga agar para pengurus masjid dan mushalla menyediakan loker untuk tempat sandal, sepatu, dan barang yang bisa dikunci. Jika bisa kotak amal itu diletakkan di tempat yang mudah diketahui oleh jamaah untuk mengantisipasi tidan kriminal," ujar H. Achmad Marzuki kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (11/3).

Ia mengungkapkan, saat ini jumlah masjid dan mushalla di mencapai 600 lebih. Hal ini tidak menutup kemungkinan dimanfaatkan para pelaku kejahatan. Lebih-lebih jika tempat ibadah itu berjauhan dari rumah warga.

"Seringkali ada kejadian pencurian di tempat-tempat ibadah. Saya sarankan hendaknya kita ikut peduli untuk bersama-sama saling mengawasi tempat ibadah di lingkungan kita masing-masing," ajak Marzuki.

Sementara itu, Suparman warga Dusun Junggo, Tulungrejo, Bumiaji mengungkapkan, aksi pencurian dengan sasaran tempat ibadah juga marak di wilayahnya. "Iya pernah mas. Yang diambil waktu itu kotak amal di Masjid, " ungkap Suparman.

Hal senada juga diungkap Agus Risa, warga Desa Gunungsari, Bumiaji. Menurutnya, beberapa tempat ibadah di wilayahnya juga sering disatroni maling spesialis kotak amal dan peralatan salat. "Pernah mas mushalla di tempat saya kemalingan kotak amal. Tapi selama ini tidak ada pelaku yang tertangkap," ungkapnya.

Sebelumnya, aksi pencurian di tempat ibadah juga terjadi di wilayah Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. Tidak hanya kotak amal, pelaku juga menggasak peralatan ibadah di sejumlah masjid dan mushalla.

Modusnya, pelaku berpura-pura salat. Namun, saat melihat situasi sepi, pelaku kemudian menggasak isi kotak amal maupun membawa peralatan salat seperti sajadah. (asa/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO