Maju Pilbup Gresik, Anha Intens Sowan ke Kiai

Maju Pilbup Gresik, Anha Intens Sowan ke Kiai Anha ketika sowan di kediaman Rois Syuriah PCNU Gresik, KH. Mahfud Ma'sum dan didoakan. foto: ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Para figur yang bakal running pada kontestasi Pemilihan Bupati (Pilbup) Gresik tak akan bisa lepas dari restu para kiai. Hal ini selaras dengan julukan Gresik, sebagai kota wali dan kota santri.

Dari pengamatan BANGSAONLINE.com, semua figur yang bakal maju pada Pilbup Gresik, telah sowan dan minta doa restu para kiai.

Ketua DPD Golkar Kabupaten Gresik, H. Ahmad Nurhamim misalnya. Ia intens sowan ke ulama, kiai, dan tokoh masyarakat (tomas) untuk meminta do'a restu dan wejangan.

Salah satu kiai sepuh sekaligus ulama Gresik yang disowani Nurhamim adalah Rois Syuriah PCNU Kabupaten Gresik, KH. Mahfud Ma'sum. Anha, begitu Nurhamim minta disapa, mendatangi kediamannya KH. Mahfud Ma'sum di lingkungan pondok pesantren (Ponpes) Ihyaul Ulum, di Desa Dukunanyar Kecamatan Dukun.

Anha mengaku banyak mendapatkan wejangan saat sowan ke KH. Mahfud. Di antaranya tentang niat dan tujuan dasar untuk kemaslahatan umat.

"Kiai Mahfud, memberikan wejangan harus selalu menjalin komunikasi dengan semua stakeholder dan menjaga akhlak. Jadi, banyak wejangan berharga dari beliaunya untuk bekal saya maju pada Pilbup Gresik. Alhamdulillah, saya juga didoakan Kiai Mahfud," ujar Anha kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (27/5).

Selain sowan ke Kiai Mahfud, ia juga mengaku telah sowan ke sejumlah ulama dan kiai sepuh lain. Menurutnya, respons para kiai sangat baik. "Alhamdulillah, para ulama dan kiai memberikan respons positif atas ikhtiar saya untuk memperbaiki Kabupaten Gresik," ungkap Wakil Ketua DPRD Gresik ini.

Anha menambahkan, sowan ke ulama, kiai, tokoh masyarakat akan terus dilakukan. Sebab, selain panutan umat, mereka juga banyak tahu persoalan Gresik. "Makanya, saya perlu wejangan, saran, dan masukan mereka," pungkasnya. (hud/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO