Pemkab Gresik Siap Ikuti Lomba Inovasi Songsong New Normal Kemendagri

Pemkab Gresik Siap Ikuti Lomba Inovasi Songsong New Normal Kemendagri Bupati Sambari memimpin rapat koordinasi persiapan lomba inovasi dalam rangka new normal yang diadakan Kemendagri. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengungkapkan bahwa Pemkab Gresik siap mengikuti lomba inovasi dengan tema "Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19" yang diadakan Kementerian Dalam Negeri () dalam rangka menyongsong new normal.

Lomba sebagai langkah pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 ini akan melibatkan seluruh pemerintah daerah, baik provinsi, maupun kabupaten/kota.

"Ajang lomba inovasi tersebut dimaksudkan sebagai kesiapan daerah dalam menyambut new normal dengan tatanan kehidupan baru yang produktif dan mengedepankan protokol kesehatan Covid-19," ujar Bupati Sambari didampingi Kabag Humas dan Protokol Reza Pahlevi, Minggu (31/5).

Dikatakan bupati, tahapan-tahapan telah disusun dan yang paling penting saat ini adalah tahapan prakondisi atau conditioning. "Conditioning merupakan langkah antisipasi dan kesiapan menyongsong kehidupan baru atau yang lebih dikenal dengan new normal," jelasnya.

Pemkab Gresik sebagai salah satu kabupaten yang akan ikut andil dalam lomba inovasi tersebut juga tengah bersiap. Aktivitas tetap produktif dan normal dengan mengedepankan protokol-protokol kesehatan yang disusun oleh semua bidang agar aman dari Covid-19.

Ada 7 sektor yang akan diperlombakan. Di antaranya adalah sektor pasar tradisional, pasar modern, restoran, hotel, PTSP yang memberikan pelayanan publik satu pintu, kemudian tempat wisata dan juga transportasi umum. "Ketujuh sektor tersebut membuat simulasi dan protokolnya," jelasnya.

Bupati lebih jauh menyatakan bahwa semua sektor yang diikutkan lomba akan dijadikan sebagai percontohan bagi sektor lainnya di Kabupaten Gresik. Nantinya, 7 sektor tersebut diharuskan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO