Selasa, 04 Agustus 2020 09:30

Terungkap, Kedatangan Bupati Faida ke Kejari Jember untuk Mediasi dengan DPRD

Jumat, 26 Juni 2020 20:15 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Indrawan
Terungkap, Kedatangan Bupati Faida ke Kejari Jember untuk Mediasi dengan DPRD
Bupati Jember Faida.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kehadiran Bupati Faida ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember ternyata bukan hanya melihat sidang video conference. Tetapi, menghadiri mediasi antara Bupati dengan DPRD Jember yang diagendakan oleh Kajari.

Menurut Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi, kehadiran Bupati Jember kemarin bukan hanya melihat sidang daring. Tetapi juga ada agenda lain, yakni menghadiri mediasi antara DPRD dan Bupati Jember terkait APBD yang sampai saat ini masih belum jelas.

"Ya, kemarin kami diundang oleh Kajari guna menghadiri mediasi yang diprakarsai oleh Kajari untuk membahas persoalan Jember, salah satunya APBD," kata Itqon, Jumat (26/6/2020).

Politikus PKB ini juga menceritakan bahwa sejak hari Rabu (24/6/2020) lalu, dirinya diundang oleh Kajari Jember untuk datang ke Kantor Kejari dalam rangka mediasi.

"Ya, Pak Kajari menghubungi saya dan menceritakan kalau dapat mandat dari Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk memediasi hal tersebut, dan saya mengiyakan saat itu," tuturnya.

Namun sehari setelahnya, Itqon menegaskan kalau Bupati Faida berstatement ke media yang mendiskreditkan posisi DPRD, seolah-olah yang menghambat adalah DPRD.

"Kami baca di media, bupati mendiskreditkan kami, sehingga membuat kami berpikir untuk datang dalam mediasi tersebut," ungkapnya.

Faktor lain kenapa ia tidak bisa hadir di Kejari, Itqon mengatakan karena ada agenda lain, yakni menghadiri undangan dari Inspektorat Pemprov terkait mandeknya APBD 2020. Intinya juga sama, pihak Inspektorat juga memediasi antara Pemkab dan DPRD, tetapi dalam pertemuan tersebut tidak ada titik temu.

"Sebelumnya, saya membaca media ada statement Bupati yang kurang enak. Siangnya saya ada undangan dari pihak Inspektorat," pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kasi Intel Kejari Jember Agus mengakui, lembaga adhyaksa ini mendapatkan perintah dari Kejagung untuk mempertemukan keduanya demi kebaikan Jember. "Kami dapat perintah dari atasan dan ini semua demi masyarakat Jember," ujar Agus.

Lebih lanjut Agus menjelaskan bahwa pihaknya sudah menyampaikan ke Kejagung soal tidak bisa terlaksananya agenda mediasi antara DPRD dan Bupati Jember.

"Hanya yang terlaksana saja, yakni melihat jalannya persidangan, memastikan sudah mengikuti protokol kesehatan," jelas Agus.

Sementara Bupati Jember Faida sama sekali tidak berkomentar ketika ditanya wartawan saat akan meninggalkan kantor kejaksaan. Tiba-tiba, Jumat pagi ada sebuah media online yang memberitakan bahwa kedatangan Bupati Faida ke Kantor Kejari Jember untuk bertemu dengan ketua DPRD. (jbr1/yud)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...