Bank Runs dan Tindakan Preventif yang Harus Dilakukan

Bank Runs dan Tindakan Preventif yang Harus Dilakukan Ilustrasi Rush Bank di India.

Oleh Mada Sabtandhari*

Baru-baru ini marak beredarnya isu tentang bank runs atau yang lebih dikenal dengan rush money yang menghebohkan masyarakat. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan bank runs? Apa bahaya yang dapat ditimbulkannya? Simak penjelasannya berikut ini!

Bank runs merupakan sebuah kejadian di mana terdapat banyak nasabah bank yang berbondong-bondong untuk menarik uang mereka dari bank dalam waktu yang bersamaan. Hal ini memicu semakin berkurangnya cadangan bank, mengingat bahwa bank tidak menyimpan cadangan cash dalam jumlah yang banyak, atau hanya menyimpan dalam porsi sedikit di setiap cabangnya. Jika penarikan ini terjadi terus-menerus, maka bank akan kehabisan uang.

Bank runs ini akan menyebabkan pailit kepada bank yang bersangkutan, dan jika terdapat banyak bank yang terlibat, maka akan terjadi pergolakan dalam dunia perbankan yang nantinya akan mengacu kepada keadaan resesi. Bank runs ini diduga juga mampu untuk menghancurkan perekonomian suatu negara apabila terjadi secara besar-besaran.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa bank runs menimbulkan kerugian yang jika terus dibiarkan maka akan merusak sistem perekonomian negara yang bersangkutan. Akibat yang pertama yaitu dapat menyebabkan bank menjual asetnya secara besar-besaran yang akan menimbulkan kerugian bagi bank tersebut. Hal ini dikarenakan sedikitnya cash yang disiapkan oleh bank untuk penarikan uang nasabah.

Jadi, apabila jumlah uang yang ditarik oleh nasabah melebihi dari jumlah uang yang disiapkan oleh bank, maka bank akan menggunakan bank reserves untuk menalangi uang tersebut. Dan jika bank reserves mulai menipis, bank akan melakukan penjualan aset jangka panjangnya. Jika bank runs terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama dan bank terpaksa harus menjual asetnya, maka bank akan mengalami kerugian karena dalam waktu tersebut terjadi krisis keuangan yang bukan merupakan waktu yang tepat untuk menjual aset. Jika hal ini terus terjadi, maka nantinya bank akan benar-benar kehabisan cadangan dan asetnya yang akan memicu terjadinya akibat kedua, yaitu keadaan bank gagal (bank failures).

Kondisi bank runs ini sangat krusial, karena jika benar-benar terjadi akan menimbulkan dampak negatif seperti yang sudah dijelaskan di atas. Oleh karena itu, ketika bank memperkirakan bahwa akan menghadapi bank runs, bank harus segera melakukan tindakan-tindakan pencegahan hal ini agar tidak terjadi kepada bank.

Tindakan preventif yang pertama yaitu slow it down yang berarti melambatkan segala proses yang berkaitan dengan nasabah untuk memungkinkan bank melakukan kegiatan perbankan dengan uang nasabah sebelum mereka benar-benar menariknya. Hal ini terjadi di Amerika Serikat pada saat terjadi resesi, bank yang memperkirakan terjadinya bank runs menginstruksikan kepada para pegawainya dan keluarga pegawai untuk mengantre panjang di depan teller dan melakukan penarikan uang secara lambat dan dalam jumlah yang relatif kecil.

Namun seiring waktu berjalan, metode ini dirasa kurang efektif karena teknologi e-banking dan/atau m-banking sudah menjamur di dunia perbankan saat ini, yang memungkinkan para nasabah untuk melakukan kegiatan banking di manapun dan kapan pun dengan waktu yang sesingkat mungkin.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO