Kamis, 05 Agustus 2021 00:29

Nasdem: KPK Salah Putuskan Budi Tersangka Jelang Fit And Proper Test

Kamis, 15 Januari 2015 16:10 WIB
Nasdem:  KPK  Salah Putuskan Budi  Tersangka Jelang Fit And Proper Test
Surya Paloh saat bertemu Presiden Jokowi. Foto: merdeka.com

BangsaOnline-Rapat paripurna DPR akhirnya menyetujui Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri. Padahal, Budi Gunawan telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas dugaan rekening gendut dan transaksi mencurigakan.


Menurut Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Presiden Joko Widodo bingung dan merasa tidak nyaman apakah dirinya bakal melantik Budi Gunawan sebagai Kapolri atau tidak. Terlebih, status Budi Gunawan adalah tersangka KPK.

"Pak presiden enggak nyaman, Pak Budi Gunawan gak nyaman, saya juga gak nyaman. Bisa dipastikan presiden tidak nyaman. Enggak tahu kalau temen-temen press," kata Paloh usai menemui Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (15/1).

Paloh menambahkan, DPR telah menyetujui Komjen Budi Gunawan untuk dilantik sebagai Kapolri. Namun demikian, belum tentu Jokowi bakal segera melantik mantan ajudan Megawati Soekarnoputri.

"Belum tentu (segera dilantik)," tegasnya.

Lebih lanjut, Paloh menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi apakah akan melantik Budi Gunawan atau tidak. Tetapi, bila dia boleh menyarankan, Partai NasDem akan melihat prosesnya terlebih dahulu.

"Kalau dari NasDem kita lihat prosesnya. Kan DPR ini lembaga resmi bukan. Kalau resmi saya akan hormati bener. DPR setujui usul presiden, presiden enggak cabut," jelas Paloh.

"Diberi kesempatan di sana, kalau sudah paripurna saya pikir sulit, dia harus laksanakan. Jalan keluarnya gimana, nah itu pertanyaannya. Itu yang harus dipahami presiden," tandasnya.

Yang menarik, Partai Nasdem kini terus menyerang KPK. Anggota Komisi III DPR dari NasDem Patrice Rio Capella minta rakyat tak menganggap KPK seperti dewa karena dulu pernah salah. Ia juga mengatakan keputusan persetujuan DPR  membuktikan bahwa parlemen tak bisa diintervensi oleh KPK.

BACA JUGA : 

NasDem Gresik Salurkan Ratusan Paket Sembako pada Rakyat Kecil

Terapkan Manajemen Antipenyuapan, Biro Perekonomian Jatim dan BSN Sosialisasikan SNI ISO 37001:2016

Ketum DPP NasDem Bantu Sapi Kurban 900 Kg di Ponpes Almuniroh Ujungpangkah Gresik

Berikan Bantuan Berjenjang, ​Partai Nasdem Jember Serahkan 200 Baju Hazmat kepada Bupati Hendy


"Jadi DPR tidak bisa diintervensi oleh siapapun termasuk, KPK juga," kata Patrice di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (15/1).

Dia berharap agar publik tak menilai KPK seperti dewa. Menurutnya, KPK sudah salah mengambil keputusan dengan menetapkan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai tersangka menjelang fit and proper test.

"KPK dulu pernah bersalah, maka sekarang jangan seperti dewa," ujarnya.

Setelah KPK menetapkan Komjen Budi sebagai tersangka, justru telah membuat DPR dan pemerintah salah di mata publik. "Kalau sekarang kan, terkesan (persetujuan Komjen Budi sebagai Kapolri) Kompolnas, Presiden dan DPR yang salah," ujarnya.

Dia menegaskan DPR telah mengesahkan Budi Gunawan melalui proses dan prosedur yang berlaku. "Kami sudah melalui prosedur sesuai undang-undang," katanya.

Sumber: merdeka.com
Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...