Minggu, 09 Mei 2021 21:21

Punya Dua Masjid, Tebuireng Pisah Lokasi Jamaah Santri dan Masyarakat Salat Idul Adha

Jumat, 31 Juli 2020 12:37 WIB
Editor: MMA
Punya Dua Masjid, Tebuireng Pisah Lokasi Jamaah Santri dan Masyarakat Salat Idul Adha
Inilah masjid Pesantren Tebuireng peninggalan Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari yang hingga kini dibiarkan utuh. Tampak arsitekturnya masih asli. Masjid ini kini sudah diperluas dengan arsitektur modern, namun bagian depan dan dalam masjid ini dibiarkan utuh. foto: ist/ bangsaonline.com

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Penyelenggaraan Salat Idul Adha di Pesantren Tebuireng Jombang tahun ini berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain dilaksanakan dengan standar protokol kesehatan, lokasi salat antara santri dan masyarakat sekitar juga dibedakan.

"Masjid utama Pesantren Tebuireng kami khususkan untuk santri dan pengurus. Sedangkan masyarakat sekitar kami siapkan lokasi salat di Masjid Ulul Albab, yang berada di samping Pondok Putri," kata Juru Bicara Gugus Tugas Pesantren Tangguh Tebuireng Nur Hidayat, Jumat (31/7/2020).

Di Tebuireng memang ada dua masjid. Pertama, masjid utama yang berada di tengah pesantren Tebuireng. Dalam catatan BANGSAONLINE.com, masjid ini merupakan peninggalan Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari yang kini sudah diperluas dengan arsitektur modern pada kepemimpinan KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah). 

BACA JUGA : 

​PPSDS Minta Disnak Tertibkan Sapi yang Dibawa Keluar Jawa Timur

Cegah Virus India, Inggris, dan Afsel, Khofifah Isolasi 3.636 Pekerja Migran, 33 Orang Positif

Gelar Silaturahmi, Gus Irfan Kenalkan Gemira ke Alumni Tebuireng

Gus Irfan Prihatin Santri Mbah Moen Gagal Dilantik Perangkat Desa Gara-gara Ijazah Pesantren

(Bagian depan masjid Pesantren Tebuireng yang sudah diperluas dengan arsitektur modern pada kepemimpinan KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah). foto: ist/ bangsaonline.com)

Namun bangunan utama masjid peninggalan Hadratussyaikh itu dibiarkan utuh, tak diubah sedikit pun. Antara lain mihrab, pengimaman, bahkan lantainya pun tetap asli. Sehingga masjid yang penuh sejarah itu bisa disaksikan oleh generasi kapan pun karena memang bernilai cagar budaya. 

Masjid asli ini pernah ditinjau berbagai lembaga internasional, baik karena arsitekturnya yang khas, maupun nilai sejarahnya yang tinggi, yaitu menjadi sentra perjuangan kemerdekaan RI dan pengembangan Islam di Indonesia, terutama paham Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) yang kemudian melahirkan Nahdlatul Ulama (NU), organisasi sosial keagamaan terbesar di Indonesia bahkan dunia.        

Kedua, masjid yang berada di luar arena pesantren utama. Masjid ini diberi nama Ulul Albab. Masjid Ulul Albab Tebuireng ini dibangun pada era kepemimpinan KH Yusuf Hasyim. Masjid ini merupakan hadiah dari Presiden Ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie saat Pesantren Tebuireng merayakan Satu Abad Pesantren Tebuireng pada 1999. Sebelum pandemi, masjid tersebut tidak difungsikan sebagai lokasi salat Jumat. 

Hidayat menambahkan, pembagian lokasi jamaah ini juga berlaku untuk pelaksanaan salat Jumat. "Kebijakan tersebut berlaku mulai salat Jumat hari ini hingga ada pemberitahuan lebih lanjut," imbuh dia.

Kebijakan ini diambil, kata Hidayat, seiring dengan mulai kembalinya santri dan akan segera dimulainya aktivitas pembelajaran di pesantren. "Kami ingin memastikan bahwa seluruh jamaah salat bisa menjaga jarak fisik yang aman sesuai protokol kesehatan," tegasnya.

Meskipun dipisahkan dengan santri, masyarakat yang melaksanakan salat Id dan salat Jumat di Masjid Ulul Albab juga tetap diwajibkan memenuhi protokol kesehatan.

Selain Masjid Ulul Albab, santri putri Tebuireng juga menyelenggarakan salat Id di lokasi terpisah. Mereka menggelar salat Id di kompleks Pondok Putri Tebuireng dengan imam dan khatib perempuan. (tim)

Bernuansa Menara Kudus, Mushola An-Nabaat Diresmikan Wabup Nganjuk
Minggu, 09 Mei 2021 00:50 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Cita Indonesia Group, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, pertanian, dan peternakan, meresmikan Mushola An-Nabaat yang berlokasi di Desa Batembat Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Peresmian mushola ini dil...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...