Bantu Atasi Kendala Siswa Selama BDR, SMPN 2 Papar Kediri Kirimkan 'Guru Kurir'

Bantu Atasi Kendala Siswa Selama BDR, SMPN 2 Papar Kediri Kirimkan Wahyu Widyaningsih, Kepala SMPN 2 Papar saat memonitor kegiatan belajar dari rumah peserta didik melalui komputer di sekolah.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Apa yang dilakukan oleh jajaran Guru SMP Negeri 2 Papar Kabupaten Kediri, patut diapresiasi. Pada masa pandemi virus covid-19, pihak sekolah mengoptimalkan peran 'Guru Kurir' untuk mengatasi berbagai persoalan yang dialami para peserta didik selama menjalani pemberlakuan aktivitas Belajar Dari Rumah (BDR).

Wahyu Widyaningsih, Kepala SMPN 2 Papar, menjelaskan bahwa guru kurir yang dibentuk bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan kesulitan peserta didik, ketika belajar dari rumah, seperti problem atau trouble jaringan dan sebagainya.

Menurut Wahyu, setiap harinya para peserta didik mendapatkan porsi dua mata pelajaran (mapel), di mana keseluruhannya disampaikan melalui sejumlah aplikasi pada HP smartphone yang dapat diakses secara daring (dalam jaringan) yaitu internet.

"Pola pembelajaran ini ternyata tidak lancar-lancar saja diikuti peserta didik, sebagian di antaranya mengalami kendala berarti, sehingga ada yang lambat hingga tidak memberikan respons sama sekali saat BDR berlangsung," kata Wahyu Widyaningsih, Jumat (7/8).

Masih menurut Wahyu, pihaknya lalu melakukan evaluasi internal menghadapi persoalan ini, sampai akhirnya muncul gagasan membentuk guru kurir agar semangat belajar peserta didik tidak kendor di masa pandemi ini.

"Fungsi daripada guru kurir adalah memberikan pelayanan jemput bola berbasis luring (luar jaringan) dengan cara mendatangi rumah peserta didik yang terkendala saat BDR. Program Guru Kurir ini mulai berjalan sejak akhir Juli. Selama dua minggu sekali guru kurir mendatangi rumah peserta didik yang terkendala, ke depan akan kami lakukan seminggu sekali," ujarnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO