Program Keluarga Berencana (KB) Nyamuk Berhasil, 750 juta Nyamuk ‘Akseptor KB’ Dilepas di Florida

Program Keluarga Berencana (KB) Nyamuk Berhasil, 750 juta Nyamuk ‘Akseptor KB’ Dilepas di Florida Si biang penyakit. foto: mycteria/Adobe

BANGSAONLINE.com – Bukan hanya Manusia yang menjadi akseptor program Keluarga Berencana, Nyamuk pun diikutkan dalam program serupa. Sebanyak 750 juta nyamuk yang berhasil didapuk menjadi ‘akseptor KB’ akan dilepas di hutan Florida.

Rencananya, pelepasan 750 juta nyamuk peserta KB aktif ini, dilakukan di sepanjang Florida Keys mulai tahun 2021.

Tentu saja, tujuan Keluarga Berencana untuk nyamuk ini, adalah pengendalian jumlah populasi nyamuk. Khususnya nyamuk-nyamuk yang bisa menyebabkan penyakit. Mungkin saja, nyamuk malaria dan aides agypte si biang penyakit demam berdarah, salah satu dari peserta aktif KB ini.

Program KB nyamuk ini, dirancang untuk menghambat reproduksi nyamuk betina yang menggigit dan menyebarkan penyakit. Perusahaan di balik KB nyamuk ini adalah Oxitec, juga memiliki rencana untuk melepaskan nyamuk yang dimodifikasi di Texas mulai tahun depan.

Nyamuk ‘akseptor KB’ ini direkayasa secara genetik agar terkendali populasinya, dan dalam upaya memerangi penyakit.

Bgr.com memberitakan, Anda mungkin bertanya bagaimana melepaskan nyamuk, si pembawa penyakit, untuk melawan penyakit itu sendiri. Gagasan di balik proyek ini sebenarnya cukup menarik. Penyakit yang coba ditarget dalam proyek ini adalah Zika, demam kuning, dan demam berdarah, yang semuanya biasa dibawa oleh nyamuk itu sendiri.

Bedanya, nyamuk akseptor KB ini, selain dirancang rendah dalam reproduksi, juga akan menjadi predator bagi nyamuk lain yang menjadi biang penyakit.

Sumber: bgr.com

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO