Antisipasi Pohon Tumbang, Dinas PUPR Jombang Terjunkan Tim Satgas Pangkas Pohon

Antisipasi Pohon Tumbang, Dinas PUPR Jombang Terjunkan Tim Satgas Pangkas Pohon Pemangkasan pohon di Jalan Cukir, Jombang. foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan atau membahayakan bagi pengguna jalan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Jombang mengerahkan Tim Satgas Pangkas Pohon.

Tim tersebut diperuntukkan memangkas ranting dan dahan pohon yang rawan roboh di ruas Jalan Cukir hingga di kawasan parkir Makam Gus Dur.

Kepala Dinas PUPR Jombang, Miftahul Ulum melalui Bayu Pancoro Adi selaku sekretaris dinas mengatakan, tujuan dipangkasnya ranting dan pohon untuk memberikan rasa aman bagi pengguna jalan, termasuk warga di lingkungan sekitar.

“Jadi lebih pada tindakan pencegahan. Pohon yang sudah lapuk, ranting yang menjorok ke jalan itu yang pangkas, sebab kalau dibiarkan membahayakan pengguna jalan dan warga sekitar,” ucapnya, Senin (24/08).

Ditambahkan Bayu, tim dilengkapi alat saat berada di lapangan, di antaranya satu unit telehandler (telescopic handler, Red), satu kendaraan truk, enam chainsaw (gergaji rantai). Dengan jumlah anggota sekitar 20 personil dan dibagi menjadi dua tim. Masing-masing mengikuti UPT yang ada, yakni di Kecamatan Ploso dan Mojoagung.

Dinas PUPR Jombang juga membuka laporan masyarakat. Seandainya terdapat pohon peneduh yang mengganggu ataupun butuh penanganan.

“Selain melakukan pemantauan rutin, tim juga bergerak bila mendapat laporan dari warga atau pun pengguna jalan. Kami bagi menjadi dua tim sesuai dengan UPT masing-masing, sehingga lebih maksimal,” pungkasnya. (aan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO