Sabtu, 23 Januari 2021 06:18

FixPoll Rilis Hasil Survei Jelang Pilbup Lamongan 2020, Yuhronur Unggul Tipis dari Kartika

Rabu, 02 September 2020 20:12 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Triwi Yoga Margiono
FixPoll Rilis Hasil Survei Jelang Pilbup Lamongan 2020, Yuhronur Unggul Tipis dari Kartika
Mohammad Anas R.A., saat ditemui media. (foto: TRIWI YOGA/ BANGSAONLINE)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - FixPoll merilis hasil survei popularitas dan elektabilitas kandidat yang berpotensi memenangkan Pilkada Lamongan 2020.

Direktur Eksekutif FixPoll, Mohammad Anas R.A., mengatakan bahwa survei ini dilakukan sebagai preferensi peta pemilih menjelang pilkada. Pelaksanaan surveinya sendiri dilakukan 3-14 Agustus 2020. Metodenya standar, multistage random sampling, serta wawancara tatap muka.

"Ada sebanyak 440 responden yang disurvei dari semua kecamatan di Lamongan, dengan margin of error sebesar lima persen," katanya, Rabu (2/9/2020).

Anas menjelaskan, dalam melakukan survei, pihaknya melakukan simulasi dengan menggunakan tiga kandidat nama, yakni Yuhronur Efendi, Kartika Hidayati, dan Suhandoyo.

"Yuhronur Efendi unggul dengan mendapat dukungan elektoral sebesar 24,7 persen, Kartika 21,3 persen, dan Suhandoyo 17,5 persen," jelasnya.

Adapun hasil survei keseluruhan yang dilakukan FixPoll, paslon Yuhronur Efendi-K.H. Abdul Rouf mengungguli dua paslon lainya.

"Kandidat yang paling terkenal itu Kartika Hidayati di antara kandidat lain. Tetapi untuk kesukaan, yang unggul itu Yuhronur Efendi, elektabilitas juga Yuhronur Efendi," lanjutnya.

Anas juga menekankan, pertarungan Pilkada Lamongan ini lebih condong di dua pasangan calon, yakni Yuhronur Efendi-K.H. Abdul Rouf melawan Kartika Hidayati-Saim. Karena dalam survei sendiri selisih angka mereka tidak terlalu jauh.

"Bahwa dua pasangan calon yang akan kelihatan tampak melakukan pertarungan sengit di Kabupaten Lamongan yaitu Yuhronur dengan Kartika," ungkapnya.

Anas juga menuturkan, dukungan partai tidak menentukan suatu pasangan calon bisa memenangkan pilkada. Tetapi, tidak dipungkiri partai politik juga memiliki peran dan basis dalam pilkada.

"Semua calon memiliki potensi untuk memenangkan pemilihan ini, tapi intinya satu, bagaimana jaringan parpol, jaringan relawan, dan jaringan timses bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat," tukasnya. (yog/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...