Jumat, 30 Oktober 2020 09:34

FixPoll Rilis Hasil Survei Jelang Pilbup Lamongan 2020, Yuhronur Unggul Tipis dari Kartika

Rabu, 02 September 2020 20:12 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Triwi Yoga Margiono
FixPoll Rilis Hasil Survei Jelang Pilbup Lamongan 2020, Yuhronur Unggul Tipis dari Kartika
Mohammad Anas R.A., saat ditemui media. (foto: TRIWI YOGA/ BANGSAONLINE)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - FixPoll merilis hasil survei popularitas dan elektabilitas kandidat yang berpotensi memenangkan Pilkada Lamongan 2020.

Direktur Eksekutif FixPoll, Mohammad Anas R.A., mengatakan bahwa survei ini dilakukan sebagai preferensi peta pemilih menjelang pilkada. Pelaksanaan surveinya sendiri dilakukan 3-14 Agustus 2020. Metodenya standar, multistage random sampling, serta wawancara tatap muka.

"Ada sebanyak 440 responden yang disurvei dari semua kecamatan di Lamongan, dengan margin of error sebesar lima persen," katanya, Rabu (2/9/2020).

Anas menjelaskan, dalam melakukan survei, pihaknya melakukan simulasi dengan menggunakan tiga kandidat nama, yakni Yuhronur Efendi, Kartika Hidayati, dan Suhandoyo.

"Yuhronur Efendi unggul dengan mendapat dukungan elektoral sebesar 24,7 persen, Kartika 21,3 persen, dan Suhandoyo 17,5 persen," jelasnya.

Adapun hasil survei keseluruhan yang dilakukan FixPoll, paslon Yuhronur Efendi-K.H. Abdul Rouf mengungguli dua paslon lainya.

"Kandidat yang paling terkenal itu Kartika Hidayati di antara kandidat lain. Tetapi untuk kesukaan, yang unggul itu Yuhronur Efendi, elektabilitas juga Yuhronur Efendi," lanjutnya.

Anas juga menekankan, pertarungan Pilkada Lamongan ini lebih condong di dua pasangan calon, yakni Yuhronur Efendi-K.H. Abdul Rouf melawan Kartika Hidayati-Saim. Karena dalam survei sendiri selisih angka mereka tidak terlalu jauh.

"Bahwa dua pasangan calon yang akan kelihatan tampak melakukan pertarungan sengit di Kabupaten Lamongan yaitu Yuhronur dengan Kartika," ungkapnya.

Anas juga menuturkan, dukungan partai tidak menentukan suatu pasangan calon bisa memenangkan pilkada. Tetapi, tidak dipungkiri partai politik juga memiliki peran dan basis dalam pilkada.

"Semua calon memiliki potensi untuk memenangkan pemilihan ini, tapi intinya satu, bagaimana jaringan parpol, jaringan relawan, dan jaringan timses bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat," tukasnya. (yog/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...