Sabtu, 31 Oktober 2020 15:17

Dukung Digitalisasi Pendidikan, Dindik Lamongan - Smart Foundation Luncurkan Aplikasi "Jago Sinau"

Kamis, 10 September 2020 14:38 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Dukung Digitalisasi Pendidikan, Dindik Lamongan - Smart Foundation Luncurkan Aplikasi "Jago Sinau"
Bupati Fadeli saat sambutan launching Aplikasi Jago Sinau didampingi Kapolres AKBP Harun, Ketua DPRD Lamongan Abdul Ghofur, dan Kadindik Adi Suwito.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Pendidikan Lamongan menggandeng Smart Foundation meluncurkan aplikasi "Jago Sinau" untuk mendukung program digitalisasi pendidikan di musim pandemi Covid-19.

Direktur Smart Foundation, Deddi Nordiawan menyebut bahwa program Jago Sinau yang dicetuskan oleh Dinas Pendidikan Lamongan tidak hanya menjadi solusi untuk pelaksanaan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), namun sekaligus menjadi sebuah terobosan untuk pemerataan pendidikan di Lamongan.

Menurut Deddi, hal itu dikarenakan para guru yang berpartisipasi untuk menyampaikan materi yang diunggah oleh aplikasi Jago Apa, sebuah aplikasi milik Smart Foundation yang mendukung program Jago Sinau, adalah para guru pilihan dan telah terverifikasi oleh Dinas Pendidikan Lamongan.

"Guru yang berpartisipasi ini sudah terverifikasi oleh dinas pendidikan, sudah dipilih guru yang bagus. misalnya guru matematika, guru matematika se-Lamongan ini banyak, tapi dipilih yang bagus," kata Deddi, saat pemaparan di Pendopo Lokatantra, Kamis (10/9)

Dengan demikian, tambah Deddi, seluruh siswa yang berada di wilayah Lamongan manapun memiliki kesempatan yang sama untuk diajar oleh guru yang telah terverifikasi Dinas Pendidikan, melalui aplikasi Jago Apa yang menjadi partner program Jago Sinau.

"Nah nanti guru aslinya itu mengontrol dan menjelaskan tambahan kalau anaknya ada pertanyaan," tuturnya.

Agar dapat tercapai pemerataan pendidikan tersebut, kata Deddi, Smart Foundation akan menyebar relawan-relawan ke 27 kecamatan di Lamongan untuk mengedukasi para guru, orang tua, serta para siswa terkait program Jago Sinau dan penggunaan aplikasi Jago Apa.

“Ada 83 ribu siswa SD dan SMP di Lamongan. Saya pinginnya semua merasakan (Jago Sinau) ini,” ucapnya. Selain mendukung pemerataan pendidikan, aplikasi Jago Apa juga lebih hemat paket data internet jika dibandingkan belajar daring menggunakan aplikasi yang sifatnya video conference.

Hal itu disebabkan lantaran pembelajaran daring melalui video conference membutuhkan bandwidth download dan upload. "Misalnya kita pakai Zoom, kan saya harus men-download videonya guru dan pada saat bersamaan saya meng-upload video saya. Jadi pada saat bersamaan bandwidth download dan upload-nya harus tinggi. Nah kita mengatasi ini, dengan daringnya itu melalui aplikasi JagoApa, jadi dia nggak perlu upload, tapi hanya download untuk ketemu guru yang terverifikasi Dinas Pendidikan itu tadi. Jadi kebutuhan kuota internetnya itu jauh lebih ringan, karena hanya butuh data download, yang membuat berat itu karena uploadnya itu," ucap Deddi.

Sementara Bupati Lamongan, Fadeli mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan. Dia berharap inovasi tidak berhenti, namun terus berkelanjutan.

Bidang Pendidikan di Kabupaten Lamongan, menurut dia sudah luar biasa. Seperti sudah diterimanya lebih dari 500 siswa Lamongan di PTN melalui jalur undangan.

“Jangan berhenti di sini, harus muncul inovasi-inovasi selanjutnya yang mempermudah akses pendidikan di Kabupaten Lamongan, seperti aplikasi Jago Sinau ini. Semoga menjadi motivasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan Lamongan,” pesan Bupati Fadeli. (qom/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...