Penuhi Hak-haknya, Pemdes Aeng Panas Bentuk Gugus Tugas Desa Layak Anak

Penuhi Hak-haknya, Pemdes Aeng Panas Bentuk Gugus Tugas Desa Layak Anak Pemdes Aeng Panas membentuk Gugus Tugas Desa Layak Anak.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Dalam upaya memenuhi hak-hak anak, Pemerintahan Desa (Pemdes) Aeng Panas, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep berkomitmen membentuk Gugus Tugas Desa Layak Anak di balai desa setempat.

Acara itu dikemas pada program Pendidikan Fasilitasi Pembentukan Gugus Tugas Desa Layak Anak yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Sumenep.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Sri Endah Purnamawati, S.E., M.Si. menerangkan bahwa Desa Layak Anak adalah sistem pembangunan desa yang mencoba mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan untuk pemenuhan hak-hak anak.

“Kepentingan dan perlindungan terhadap anak menjadi salah satu pertimbangan dalam membangun desa layak anak. Anak harus dilibatkan dalam perencanaan desa. Hak mereka harus dipenuhi. Tak boleh ada kekerasan pada anak,” terangnya, Selasa (21/09/20).

Sistem dan strategi pemenuhan hak-hak anak yang direncanakan serta dilakukan desa nantinya harus holistik menyangkut semua hak-haknya. Dan di Kabupaten Sumenep sudah terbentuk Gugus Tugas Desa Layak Anak sebanyak 40 Desa. Kini Desa Aeng Panas sasaran berikutnya.

Terpisah, Kepala Seksi Perlindungan Perempuan dan Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB Kabupaten Sumenep, Bambang Iswahyudi, S. Sos dalam laporannya mengatakan, pembentukan tim gugus tugas tersebut dimaksudkan agar nantinya anak di Kabupaten Sumenep tumbuh berkembang secara optimal.

“Tujuannya dari ini yaitu untuk memotivasi desa agar makin menghormati hak anak, hak hidup, hak tumbuh kembang, dan makin meningkatnya kepedulian dari semua pihak dalam upaya membangun desa dengan memperhatikan hak anak,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Pragaan, Darussalam, S.Sos. Kp. M.Si mengatakan bahwa anak adalah generasi penerus perjuangan. Karenanya ia harus berkualitas. “Bangsa bisa maju kalau anak-anaknya tumbuh berkualitas. Untuk itu kita harus perhatikan hak haknya,” tandasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek), Komandan Rayon Militer (Danramil) Pragaan, serta diikuti sebanyak 20 peserta di antaranya, Perangkat Desa, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Kader Posyandu, perwakilan RT/RW Desa, unsur pemuda, dan perwakilan anak. (aln/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO