Senin, 18 Januari 2021 07:58

Pjs Bupati Mojokerto Tancap Gas Operasi Yustisi, Pelanggar Langsung Rapid Test di Tempat

Rabu, 30 September 2020 22:52 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Rochmad Aris
Pjs Bupati Mojokerto Tancap Gas Operasi Yustisi, Pelanggar Langsung Rapid Test di Tempat
Pjs Bupati Mojokerto Himawan Estu Bagijo (paling kanan) bersama Kapolres dan Forkopimda Mojokerto saat operasi yustisi.

MOJOKERTO, BANGSAONLINIE.com - Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Mojokerto Himawan Estu Bagijo bersama TNI, Polri, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) langsung tancap gas dalam menangani pandemi Covid-19 di seluruh wilayah Kabupaten Mojokerto. 

Salah satunya dengan mengelar operasi yustisi Tertib Kesehatan Covid-19 dengan rapid test di tempat yang berlokasi di area Pasar Niaga Mojosari, Rabu (20/9/20).

Himawan menjelaskan, bersama TNI dan Polri akan terus melakukan kegiatan operasi yustisi, guna memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya memakai masker di masa pandemi Covid-19. 

Juga untuk langkah pendisiplinan yang bisa membuat efek jera kepada masyarakat yang melanggar, dengan langsung dilakukan rapid test bagi para pelanggar.

Hal itu sesuai dengan Perda Pemprov Jatim Nomor 2 Tahun 2020 yang mengatur aktivitas masyarakat tentang penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum yang meliputi sanksi yang bervariasi mulai dari sanksi sosial sampai denda.

Secara tegas Himawan menginstruksikan penguatan sanksi bagi pelanggar aturan protokol kesehatan. Ia meminta untuk memetakan wilayah-wilayah rawan pelanggaran, dengan pengetatan operasi penindakan, disertai rapid test di tempat.

"Bersama satuan kerja terkait yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19, terus bertekad untuk menjadikan wilayah ini menjadi zona kuning lalu ke zona hijau di seluruh Kabupaten Mojokerto," harapnya.

"Operasi yustisi ini harus dilakukan, di mana memberikan edukasi kepada masyarakat, kegiatan yang bisa mempersuasif. Bagi yang terjaring melanggar protokol, langsung rapid di tempat. Kalau reaktif, langsung diamankan," pungkasnya. (ris/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...