Selasa, 01 Desember 2020 06:33

Pulihkan Ekonomi Masa Pandemi, Bupati Ngawi Resmikan Desa Wisata Industri Akar Kayu Jati

Rabu, 14 Oktober 2020 22:07 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Zainal Abidin
Pulihkan Ekonomi Masa Pandemi, Bupati Ngawi Resmikan Desa Wisata Industri Akar Kayu Jati
Bupati Ngawi saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gapura Dewi Ngubalan.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Terjangan pandemi Covid-19 mengakibatkan roda perekonomian di Kabupaten Ngawi sempat mengalami kelesuan. Di tengah kelesuan itu, Pemkab Ngawi melalui OPD terkait berusaha memulihkan perekonomian warganya.

Salah satunya melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Tenaga Kerja Kabupaten Ngawi dengan mengembangkan industri kerajinan akar jati di Dusun Ngubalan, Desa Bangunrejo Kidul, Kecamatan Kedunggalar. 

Bupati Ngawi Budi Sulistyono mengawali peletakan batu pertama pada pembangunan gapura Desa Wisata Industri (Dewi), Rabu (14/10). Tujuan dari pembangunan Gapura Dewi di Dusun Ngubalan tersebut dalam rangka mendorong kemajuan dari industri kreatif kerajinan akar kayu jati.

Saat ini di Dusun Ngubalan terdapat 32 perajin akar kayu jati dan 400-an pekerja yang turut aktif di bidang pengolahan limbah kayu jati tersebut.

Dalam sambutannya, Kanang -sapaan orang nomor satu di Kabupaten Ngawi- memberikan apresiasi terhadap para perajin industri akar kayu jati di Desa Bangunrejo Kidul, Kecamatan Kedunggalar dan Desa Banjarbanggi, Kecamatan Pitu. Ia memberi motivasi agar para perajin di dua kecamatan yang berdampingan tersebut lebih terpacu dalam berinovasi agar usahanya bertahan di tengah pandemi Covid-19.

"Industri kreatif kerajinan akar kayu jati ini sudah bergerak dengan baik. Untuk itu pemerintah perlu mendorong berinovasi agar terkesan tidak monoton. Apalagi dapat menarik pangsa pasar hingga ke luar," jelas Budi Sulistyono pada wartawan.

"Secara bertahap, dari pihak pemerintah siap mendukung untuk menumbuhkembangkan usaha industri kreatif tersebut dari warga setempat. Salah satunya infrastruktur berupa akses jalan menuju tempat kerajinan tersebut segera dibenahi," janji bupati.

"Potensi kerajinan kayu jati punya nilai seni hasil karya kreatif. Tingkatkan daya tarik melalui promosi dan permudah akses menuju lokasi," terangnya.

Adapun industri kreatif akar kayu jati tersebut mendapatkan dukungan pendanaan guna pengembangan dari unit layanan pelanggan (ULP) PLN Ngawi senilai Rp 1 miliar. 

Dengan adanya gebrakan Dewi Ngubalan, bupati berharap keberadaan Dusun Ngubalan bisa lebih dikenal, utamanya sebagai sentra industri kreatif kerajinan akar jati. Selain itu yang lebih utama, dapat memulihkan perekonomian kembali sektor industri di tengah terpaan pandemi.

"Dengan menggeliatnya industri kreatif ini dapat memulihkan roda perekonomian warga/masyarakat di saat pandemi," pungkasnya. (nal/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Sabtu, 28 November 2020 15:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...