Sabtu, 17 April 2021 21:52

Pulihkan Ekonomi Masa Pandemi, Bupati Ngawi Resmikan Desa Wisata Industri Akar Kayu Jati

Rabu, 14 Oktober 2020 22:07 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Zainal Abidin
Pulihkan Ekonomi Masa Pandemi, Bupati Ngawi Resmikan Desa Wisata Industri Akar Kayu Jati
Bupati Ngawi saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gapura Dewi Ngubalan.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Terjangan pandemi Covid-19 mengakibatkan roda perekonomian di Kabupaten Ngawi sempat mengalami kelesuan. Di tengah kelesuan itu, Pemkab Ngawi melalui OPD terkait berusaha memulihkan perekonomian warganya.

Salah satunya melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Tenaga Kerja Kabupaten Ngawi dengan mengembangkan industri kerajinan akar jati di Dusun Ngubalan, Desa Bangunrejo Kidul, Kecamatan Kedunggalar. 

Bupati Ngawi Budi Sulistyono mengawali peletakan batu pertama pada pembangunan gapura Desa Wisata Industri (Dewi), Rabu (14/10). Tujuan dari pembangunan Gapura Dewi di Dusun Ngubalan tersebut dalam rangka mendorong kemajuan dari industri kreatif kerajinan akar kayu jati.

Saat ini di Dusun Ngubalan terdapat 32 perajin akar kayu jati dan 400-an pekerja yang turut aktif di bidang pengolahan limbah kayu jati tersebut.

BACA JUGA : 

Meski Tampak Ramai, Polisi Pastikan ​Pencairan BST di Kantor Pos Ngawi Aman

Bupati Ngawi Tanggapi Pesan Presiden Jokowi dengan Siapkan 3 Program Unggulan Ini

Cegah Sebaran Covid-19, Petugas Gabungan Pantau Aktivitas Jual Beli Takjil di Ngawi

Sewa Ruko Plaza Ngawi Habis Bulan Agustus Mendatang, Pemkab Berencana Jadikan MPP

Dalam sambutannya, Kanang -sapaan orang nomor satu di Kabupaten Ngawi- memberikan apresiasi terhadap para perajin industri akar kayu jati di Desa Bangunrejo Kidul, Kecamatan Kedunggalar dan Desa Banjarbanggi, Kecamatan Pitu. Ia memberi motivasi agar para perajin di dua kecamatan yang berdampingan tersebut lebih terpacu dalam berinovasi agar usahanya bertahan di tengah pandemi Covid-19.

"Industri kreatif kerajinan akar kayu jati ini sudah bergerak dengan baik. Untuk itu pemerintah perlu mendorong berinovasi agar terkesan tidak monoton. Apalagi dapat menarik pangsa pasar hingga ke luar," jelas Budi Sulistyono pada wartawan.

"Secara bertahap, dari pihak pemerintah siap mendukung untuk menumbuhkembangkan usaha industri kreatif tersebut dari warga setempat. Salah satunya infrastruktur berupa akses jalan menuju tempat kerajinan tersebut segera dibenahi," janji bupati.

"Potensi kerajinan kayu jati punya nilai seni hasil karya kreatif. Tingkatkan daya tarik melalui promosi dan permudah akses menuju lokasi," terangnya.

Adapun industri kreatif akar kayu jati tersebut mendapatkan dukungan pendanaan guna pengembangan dari unit layanan pelanggan (ULP) PLN Ngawi senilai Rp 1 miliar. 

Dengan adanya gebrakan Dewi Ngubalan, bupati berharap keberadaan Dusun Ngubalan bisa lebih dikenal, utamanya sebagai sentra industri kreatif kerajinan akar jati. Selain itu yang lebih utama, dapat memulihkan perekonomian kembali sektor industri di tengah terpaan pandemi.

"Dengan menggeliatnya industri kreatif ini dapat memulihkan roda perekonomian warga/masyarakat di saat pandemi," pungkasnya. (nal/ian)

​Mengenang Masa Lalu, Ngabuburit Sambil Bermain Meriam Bambu
Jumat, 16 April 2021 22:03 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa, atau ngabuburit.Salah satunya seperti yang dilakukan bocah di Kota Pasuruan, Jawa Timur. mereka bermain meriam bambu di tanah lapang.Sepert...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 17 April 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Setelah banyak mendapat dukungan dari para tokoh, dokter, dan bahkan jenderal, tampaknya uji fase II Vaksin Nusantara akan lanjut. Tentu di luar BPOM.Apa itu Ilegal? Nah, silakan ikuti tulisan Dahlan Iskan di Disway d...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 17 April 2021 11:15 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...