Minggu, 24 Januari 2021 22:11

Banmus DPRD Pasuruan Batal Agendakan Pembahasan APBD 2021

Senin, 09 November 2020 19:11 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
Banmus DPRD Pasuruan Batal Agendakan Pembahasan APBD 2021
Wakil Ketua DPRD Pasuruan, H. Rusdi Sutejo.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Rencana pembahasan Raperda APBD 2021 Kabupaten Pasuruan yang sedianya akan dilakukan pada minggu ke II bulan November 2020 ini, belum mendapatkan kepastian. Pembahasan APBD diperkirakan molor, karena belum sinkronnya proyeksi APBD 2021 dari Tim Anggaran Pemkab Pasuruan.

Informasi yang dihimpun BANGSAONLINE.com, hari Senin (09/11) ini Pimpinan DPRD Pasuruan  menggelar rapat banmus untuk melakukan penjadwalan sidang paripurna pembahasan Raperda 2021. Banmus DPRD juga melakukan komunikasi dengan pemkab, agar jadwal tidak berbenturan dengan agenda lain, dan agar pembahasan bisa tepat waktu.

"Hari ini rapat internal banmus untuk melakukan panjadwalan. Dari hasil komunikasi dengan pihak Pemkab Pasuruan, mereka belum siap," ujar Wakil Ketua DPRD Pasuruan, H Rusdi Sutejo saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com.

Ditanya alasan pemkab belum siap, menurut Sutejo, karena masih melakukan penyempurnaan. Politikus Gerindra ini berharap pembahasan APBD 2021 tidak sampai terlambat.

"Karena bila ini sampai terjadi (terlambat, red), maka konsekuensinya jelas, Pasuruan akan mendapat sanksi tegas dari pusat," tukasnya.

Keterangan yang sama disampaikan oleh Ketua Komisi III DPRD, H. Syaifulloh Damanhuri. Ia mengatakan, ditundanya pembahasan R-APBD 2021 lantaran belum ada sinkronisasi jadwal dengan pemkab. Sebab, pada tanggal 16-17 November, ada kegiatan yang harus diikuti Bupati Pasuruan.

"Informasi dari pak Sekda seperti itu. Kalau teman-teman di dewan sudah siap semuanya," ungkap  politikus PPP ini.

Ketua Tim Anggaran Pemkab Pasuruan, Anang Syaiful WIjaya belum bisa dikonfirmasi terkait kesiapan eksekutif dalam membahas R-APBD 2021. Saat dihubungi via seluler, yang bersangkutan tidak menjawab.

Secara umum, kekuatan APBD Kabupaten Pasuruan Tahun 2021 diprediksi akan mengalami penurunan. Berdasarkan data KUA PPAS 2021 yang diajukan Tim Anggaran ke DPRD, pendapatan diproyeksikan Rp 3,198 triliun. Sedangkan untuk belanja daerah mengalami kenaikan, menjadi sebesar Rp 3,340 triliun.(bib/par/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...