Sabtu, 23 Januari 2021 22:11

Realisasi ZIS Terus Meningkat, Sekda Sumenep Minta Baznas Terus Gali Potensi

Rabu, 18 November 2020 19:09 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Sahlan
Realisasi ZIS Terus Meningkat, Sekda Sumenep Minta Baznas Terus Gali Potensi
Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Baznas Kabupaten Sumenep, Rabu (18/11/20).

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumenep diharapkan bisa membuat program terobosan yang konstruktif bagi pengembangan Baznas melalui aksi-aksi nyata dalam pengelolaan Zakat, Infak, dan Shadaqah (ZIS) di daerah.

Demikian harapan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si. pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Baznas Kabupaten Sumenep, bertampat di salah satu hotel di Sumenep, Rabu (18/11/2020).

Hingga saat ini, pengelolaan zakat, infaq, dan shadaqah di Kabupaten Sumenep masih rendah jika dibandingkan dengan potensi yang bisa digali untuk pengumpulan ZIS masa mendatang.

Menurutnya, pada 2019 lalu Baznas Kabupaten Sumenep berhasil mengumpulkan zakat sebanyak Rp 459.014.729,00. Sedangkan tahun 2020 sampai dengan saat ini berjumlah sekitar Rp 726.436.100,00.

“Pengumpulan zakat, infaq, dan shadaqah harus dimaksimalkan dengan baik. Sebab, program ini memiliki manfaat luar biasa bagi masyarakat. Indikasinya, telah menurunkan angka kesenjangan antara kaya dan miskin, meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), dan juga meningkatkan penyediaan infrastruktur,” jelasnya.

Baznas juga memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat melalui organisasi kemasyarakatan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), lembaga pendidikan maupun kelompok-kelompok milenial.

Bahkan, Baznas juga semakin modern dalam bersosialisasi dengan menggunakan media sosial berbasis aplikasi untuk mengumpulkan ZIS. Sehingga, hal ini mempermudah masyarakat maupun pembuatan regulasi, guna menambah potensi zakat, infaq, dan shadaqah.

“Termasuk juga, bagaimana Baznas Sumenep mengembangkan jejaring mitra kerja dengan lembaga-lembaga pemerintah, BUMN, maupun BUMD, agar pengelolaan zakat, infaq dan shadaqah di Kabupaten Sumenep semakin lebih baik,” tandasnya.

Pada kesempatan ini pula, Sekda juga menyerahkan santunan kepada masyarakat dan piagam perhargaan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Sumenep atas pengumpulan dana tertinggi dan paling aktif.

Sementara menurut Ketua Baznas Kabupaten Sumenep, Moh. Jazuli, pihaknya telah melakukan terobosan untuk meningkatkan penghimpunan dana zakat, infaq, dan shadaqah dengan mengajukan dana sharing kepada Baznas Provinsi dan Pusat.

“Termasuk juga bekerja sama dengan perusahaan daerah dan luar daerah. Hal itu untuk meningkatkan program Baznas Kabupaten Sumenep, sehingga walaupun dana terbatas, tetapi bisa membuat program untuk masyarakat,” jelasnya.

Tahun ini, Baznas Sumenep mempunyai dua program yang dilaksanakan pada tahun 2021, yakni kemanusiaan dan pendidikan beasiswa satu keluarga dengan dua jenjang pendidikan, yakni pendidikan SMA dan satu keluarga satu sarjana.

“Baznas Kabupaten Sumenep tahun ini, menyiapkan siswa-siswi binaan dari keluarga kurang mampu untuk membantu biaya pendidikannya hingga lulus,” pungkas Moh. Jazuli. (aln/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...