Resmi Terbentuk, KIPP Gresik Tancap Gas Kawal Pelaksanaan Pilkada 2020

Resmi Terbentuk, KIPP Gresik Tancap Gas Kawal Pelaksanaan Pilkada 2020 Personel Pengurus KIPP Gresik usai menggelar rapat koordinasi. (foto: ist)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Jajaran Kepangurusan Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kabupaten Gresik resmi terbentuk setelah mendapatkan mandat dari KIPP Jawa Timur. Pengukuhan pengurus KIPP dilakukan di Warunk Upnormal Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo Kebomas, Gresik, pada Minggu (22/11) kemarin. Usai pengukuhan, para pengurus KIPP Gresik langsung menggelar rapat kerja.

Ketua KIPP Gresik, Bahtiar Rifa'e mengungkapkan pihaknya siap tancap gas melakukan pemantauan tahapan pilkada yang saat ini berjalan.

"Kita siap tancap gas melakukan pemantauan tahapan pilkada. Agenda awal kami adalah melakukan koordinasi dengan KPU terkait pendaftaran sebagai pemantau independen," ujar Rifa'e kepada BANGSAONLINE.com, Senin (23/11/2020).

Menurut Rifa'e, peran serta KIPP dalam pemantauan Pilkada Gresik dalam rangka mewujudkan demokrasi yang jujur dan adil. 

"Tentu kita ingin agar Pilkada Gresik yang saat ini memasuki tahapan masa kampanye berjalan dengan jujur dan adil. Jadi setelah ini, kita akan bergerak cepat untuk menjalankan program-program kerja pemantauan," terangnya.

Sekretaris KIPP Kabupaten Gresik, Al Ushudi menambahkan, secara administrasi dan keanggotaan, KIPP telah siap untuk memulai menjalankan program kerja. Untuk awal, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik terkait pendaftaran lembaga independen pemantau pemilu.

"Secara administrasi kita sudah siap, dan anggota kita pun sudah ada di beberapa kecamatan untuk awal kita akan melakukan koordinasi dengan KPU Gresik perihal pendaftaran pemantau independen," tegas Al Ushudi.

Sementara itu, Ketua KIPP Jawa Timur, Novli Bernado Thysson berpesan agar jajaran kepengurusan KIPP Kabupaten Gresik bisa mewarnai dinamika Pilkada Gresik 2020.

"Saya berharap dengan dibentuknya kembali kepengurusan KIPP Kabupaten Gresik mampu mewarnai dinamika pilkada yang saat ini tengah berjalan. Kita tegakkan demokrasi yang jujur dan adil, sehingga hasil dari pemilu bisa benar-benar dirasakan oleh masyarakat Gresik," tuturnya.

Sejatinya, KIPP telah berdiri sejak lama di Kabupaten Gresik. Bahkan, sejak 2004 lembaga yang fokus di bidang pemantauan ini sudah berperan aktif dalam mengawal demokrasi kontestasi pilkada. (hud/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO