Istri Gus Yani Nilai Perayaan Tradisi Damar Kurung Cermin Kerukunan dan Gotong Royong

Istri Gus Yani Nilai Perayaan Tradisi Damar Kurung Cermin Kerukunan dan Gotong Royong Istri Gus Yani (empat dari kiri) saat hadiri perayaan Tradisi Damar Kurung di Kelurahan Karangturi. (foto: ist)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Warga Kelurahan Karangturi, Kecamatan Gresik menggelar perayaan Tradisi Damar Kurung di Musala Mamba'ul Asiqin, Sabtu (28/11/2020) malam. Tradisi Damar Kurung ini telah berlangsung sejak tahun 1966. Setiap tahunnya, warga bergotong royong untuk mengingat sejarah leluhur.

Meski perayaan tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya lantaran harus digelar di tengah pandemi Covid-19. Namun, kondisi tersebut tak menyurutkan semangat warga dalam melestarikan tradisi.

Perayaan Tradisi Damar Kurung ini juga dihadiri oleh istri dari Cabup Nomor Urut 2 Fandi Akhmad Yani, Hj. Nurul Haromaini Fandi Akhmad Yani. 

"Perayaan damar kurung ini selain meriah, saya kagum dengan warga Kelurahan Karangturi yang mampu melestarikan tradisi ini selama puluhan tahun dan tetap istikamah sampai saat ini," ujar Ning Nurul, sapaan akrab Hj. Nurul Haromaini Fandi Akhmad Yani.

Ning Nurul mengingatkan, damar kurung merupakan icon Kabupaten Gresik yang terkenal sebagai Kota Santri dan kaya akan budaya serta tradisinya. Karena itu, ia berharap warga tetap istikamah dan tidak larut terhadap perkembangan zaman.

"Mari kita bersama-sama menjaga tradisi leluhur, baik di kelurahan maupun di desa-desa. Sebab, tradisi itu mencerminkan kerukunan dan gotong royong warga. Di sisi lain juga menjaga warisan baik para leluhur," pesan putri Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Bumi Salawat Tulangan Sidoarjo K.H. Agoes Ali Masyhuri atau Gus Ali ini.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO