Polres Batu Apel Gelar Pasukan Persiapan Ops Lilin Semeru, Ini yang Perlu Diantisipasi Saat Nataru

Polres Batu Apel Gelar Pasukan Persiapan Ops Lilin Semeru, Ini yang Perlu Diantisipasi Saat Nataru Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo saat memotong knalpot brong hasil razia.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka pengamanan Perayan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Polres Batu melakukan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Semeru 2020 bertempat di Area Parkir Alun-alun Kota Batu, Senin (21/12).

Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo dalam amanatnya mengingatkan bakal meningkatnya aktivitas dan keramaian saat perayaan Natal dan Tahun Baru. Peningkatan aktivitas ini berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

"Itu sebabnya Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2020 yang akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 5 Januari 2021. Tentu operasi ini akan mengedepankan kegiatan preventif dan humanis, serta penegakan hukum secara tegas," ujar Kapolres.

Ia mengajak seluruh pihak terkait waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat. "Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19," jelasnya.

Kapolres menjelaskan berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi. Antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

"Dalam kesempatan yang penuh dengan semangat dan rasa kebersamaan ini, beberapa penekanan saya untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, yaitu siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan," ungkapnya.

Usai pelaksanaan gelar pasukan dilanjutkan dengan pemusnahan ribuan botol miras dan knalpot brong hasil sitaan dari operasi kepolisian yang digelar sebelumnya bertempat di Halaman Parkir Batu Plaza Kota Batu. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, Sekda Kota Batu Zadiem Efisiensi, Pabung Dandim 0818 Malang – Batu Mayor Inf. Choirul Efendi, Ketua DPRD Kota Batu Asmadi, Perwakilan dari Kejaksaan Negeri Batu, para Kepala SKPD, dan perwakilan ormas. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO