Sabtu, 17 April 2021 18:51

Ketua Umum Ansor Jadi Menteri Agama, Ansor Surabaya: Menteri Keren

Rabu, 23 Desember 2020 18:07 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Didi Rosadi
Ketua Umum Ansor Jadi Menteri Agama, Ansor Surabaya: Menteri Keren
Gus Yaqut mendapat ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo usai dilantik sebagai Menteri Agama RI di Istana Negara, Rabu (23/12/2020). (foto: BPMI)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hari ini, Presiden Joko Widodo resmi melantik sejumlah menteri, wakil menteri, serta pejabat setingkat menteri di Istana Negara. Salah satunya, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama RI.

Pelantikan pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini paling banyak menyedot perhatian publik. Pasalnya, nyaris tidak ada yang memprediksi Panglima Tertinggi Barisan Ansor Serbaguna (Banser) itu masuk dalam Kabinet Indonesia Maju. Terlebih untuk posisi strategis seperti Menteri Agama. Hal ini berbeda dengan Tri Rismaharini yang sejak awal sudah diprediksi menjadi Menteri Sosial RI.

Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Surabaya Muhammad Faridz Afif mengomentari keputusan Presiden Jokowi memilih Gus Yaqut. Menurutnya, itu adalah langkah yang tepat. Hal itu tersirat dari pernyataan pertama Gus Yaqut, kalau dia adalah menteri semua agama, bukan menteri agama Islam.

"Gus Yaqut itu menteri keren. Dia sudah adil sejak awal. Statement pertamanya dia adalah menteri semua agama, bukan menteri agama Islam. Sebab, negara ini dibangun oleh seluruh agama, bukan hanya satu agama saja, sehingga tidak boleh ada pihak yang merasa paling berjasa di republik ini. Itu statement keren," tutur Afif, Rabu (23/12/2020).

BACA JUGA : 

Berkah Ramadan, Anggota Banser Simokerto Kembali Punya Rumah Layak Huni

Dikritik Soal Doa Lintas Agama, Menag Yaqut Akhirnya Bilang Begini di Tulungagung

GP Ansor Krembangan Bagikan Al-Qur'an dan Diba' di Sejumlah Masjid dan Mushola

​Bersama Warga, Banom NU Kedurus Gotong Royong Bersihkan Makam

Afif melanjutkan, selama memimpin GP Ansor, Gus Yaqut adalah sosok yang demokratis. Afif menilai Gus Yaqut tidak pernah memaksakan kehendak meskipun punya kuasa. Semua diselesaikan dengan dialog dan duduk bersama.

Afif juga mengatakan, jika Gus Yaqut sosok yang egaliter, karena itu tidak ada jarak antara dirinya sebagai ketua umum dengan pengurus dan kader di bawah. Sekalipun ia memiliki posisi strategis di parlemen sebagai Pimpinan Komisi II DPR RI.

"Makanya di Ansor ini guyub, kalaupun ada gesekan tidak lama. Karena ketua umumnya bisa merangkul dan bisa berdialog. Istilah kami, bisa diajak ngopi dan rokokan," imbuh Alumnus Pascasarjana Unair ini.

Afif yakin ke depan Gus Yaqut bisa membawa kesejukan dengan mengayomi semua agama yang ada di negara ini. "Beliau sudah mengeluarkan pernyataan tegas untuk menjadikan agama sebagai inspirasi nilai-nilai kebaikan. Karena itu Kementerian Agama punya kewajiban menjamin kehidupan beragama dan bernegara bagi setiap umat beragama sesuai UU yang berlaku," ujar Afif.

Dalam pernyataannya juga, Gus Yaqut mengatakan tak ingin agama dijadikan alat politik untuk menentang pemerintah, untuk merebut kekuasaan atau tujuan-tujuan yang lain. Ia ingin menjadikan agama sebagai inspirasi nilai-nilai kebaikan bukan aspirasi politik.

"Beliau telah meletakkan fungsi Kementerian Agama sesuai relnya. Karena itu, kami rela dan ikhlas mewakafkan Gus Yaqut untuk bangsa ini. Tentu akan kami support terus kiprahnya," pungkas Afif. (mdr/zar)

​Mengenang Masa Lalu, Ngabuburit Sambil Bermain Meriam Bambu
Jumat, 16 April 2021 22:03 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa, atau ngabuburit.Salah satunya seperti yang dilakukan bocah di Kota Pasuruan, Jawa Timur. mereka bermain meriam bambu di tanah lapang.Sepert...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 17 April 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Setelah banyak mendapat dukungan dari para tokoh, dokter, dan bahkan jenderal, tampaknya uji fase II Vaksin Nusantara akan lanjut. Tentu di luar BPOM.Apa itu Ilegal? Nah, silakan ikuti tulisan Dahlan Iskan di Disway d...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 17 April 2021 11:15 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...