Minggu, 28 Februari 2021 16:47

Silaturahim Dengan Pengurus PWNU dan MUI Jatim, Kapolda Yakinkan Vaksin Covid-19 Aman dan Halal

Rabu, 13 Januari 2021 19:12 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Anatasia Novarina
Silaturahim Dengan Pengurus PWNU dan MUI Jatim, Kapolda Yakinkan Vaksin Covid-19 Aman dan Halal
Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Nico Afinta saat berbincang dengan Ketua PWNU Jatim Kiai Haji Marzuqi Mustamar dan Ketua MUI Jatim K.H. Hasan Mutawakkil Alallah.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr. Nico Afinta melakukan silaturahmi ke Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur yang kantornya berada di Jalan Masjid Al Akbar, Surabaya, Rabu (13/01/2021) pagi.

Didampingi sejumlah Pejabat Utama Polda Jatim, Irjen Nico mengungkapkan kedatangannya ke PWNU Jatim dalam rangka silaturahim dan koordinasi terkait dengan program PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang saat ini sedang diterapkan, serta terkait dengan Vaksinasi Covid-19.

"Kedatangan saya ke sini menjalin silaturahmi serta koordinasi bersama pengurus PWNU Jatim. Selain itu, juga meminta dukungan kepada Ketua PWNU Jatim untuk dapat mendukung program pemerintah terkait dengan PPKM dan vaksinasi," kata Nico Afinta, Selasa (13/01/2021) pagi.

Irjen Nico memastikan, bahwa vaksin ini sudah melalui penelitian dan sudah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat. "Vaksin ini bisa dipastikan aman, sehingga masyarakat dapat menerima vaksin Covid-19 untuk kesehatan bersama. Selain itu jika masyarakat sehat, maka ekonomi bisa kembali berkembang," tambahnya.

Sekadar informasi, hari ini Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menjadi orang pertama yang divaksin. Selain itu, nantinya para tokoh agama, tokoh masyarakat, maupun tokoh pemuda yang ada di Jawa Timur nantinya juga akan menerima vaksinasi.

Kapolda mengungkapkan, bahwa vaksinasi di Jawa Timur akan dimulai besok (14/1) secara serentak. Kapolda juga menegaskan dirinya bersama Pangdam V Brawijaya dan Pangkoarmada II siap divaksin Covid-19 di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

"Tujuannya agar masyarakat bisa mengerti dan memahami, bahwa vaksinasi ini adalah program pencegahan dan pengobatan," pungkasnya.

Sementara itu Kiai Haji Marzuqi Mustamar, Ketua PWNU Jawa Timur mengungkapkan, bahwa dirinya siap mendukung program pemerintah, baik terkait PPKM maupun Vaksinasi Covid-19 yang akan dilaksanakan besok di Jatim.

"PWNU Jatim sendiri sudah membuat seruan kepada seluruh pengurus untuk mengajak dan mensukseskan vaksinasi. Karena vaksinasi ini sudah merujuk pada Fatwa MUI dan mendapatkan keamanan dari BPOM, bahwa vaksin Covid-19 aman," katanya.

Senada dengan Ketua PWNU Jatim, Ketua MUI Jatim K.H. Hasan Mutawakkil Alallah juga mengajak masyarakat, khususnya Jatim, mendukung program pemerintah terkait program PPKM. Menurutnya, program ini demi keselamatan dan kesehatan masyarakat.

"Saya berharap masyarakat Jawa Timur mendukung program pemerintah, baik itu vaksinasi maupun PPKM," ucapnya.

Terkait vaksin, ia juga menyampaikan bahwa aspek kehalanannya sudah difatwakan oleh Komisi Fatwa MUI Pusat.

"Kepada seluruh masyarakat jajaran MUI Kabupaten/ Kota serta ormas-ormas yang ada diharapkan kerja sama terkait dengan vaksinasi maupin PPKM agar berjalan dengan lancar. Vaksinasi Covid-19 ini sudah halal sesuai dengan fatwa MUI Pusat, dan saya berharap kepada MUI di kabupaten/kota mendukung sepenuhnya vaksinasi Covid-19," pungkasnya. (ana/rev)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 28 Februari 2021 10:23 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE com - Rakyat Indonesia sudah lama menunggu karya anak bangsa. Dalam segala bidang. Termasuk vaksin. Agar tak selalu tergantung pada bangsa lain.Nah,  saat semua negara panik karena pandemi Covid-19, lahir vaksin nusantara,...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...