Selasa, 09 Maret 2021 14:03

Tidak Hanya Merah Tua, Kini Ada Warna Hitam di Peta Sebaran Covid-19 Kabupaten Blitar

Minggu, 17 Januari 2021 15:57 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Tidak Hanya Merah Tua, Kini Ada Warna Hitam di Peta Sebaran Covid-19 Kabupaten Blitar
Peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Blitar pada 12 Januari lalu. Selanjutnya peta sebaran ini akan di-update dengan menambahkan zona hitam bagi wilayah yang kasus aktifnya sangat banyak.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Warna hitam dan merah tua menghiasi peta sebaran Covid-19 Kabupaten Blitar. Kecamatan yang diberi warna hitam itu adalah Kecamatan Kanigoro. Sedangkan tiga kecamatan masuk kategori merah tua, di antaranya Talun, Udanawu, dan Wlingi. Sementara 18 lainnya berwarna merah.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti mengatakan, perbedaan warna hingga ada yang masuk zona hitam ini berdasarkan jumlah kasus aktif yang ada di setiap kecamatan. Seperti di Kecamatan Kanigoro yang di dalam peta berwarna hitam, tercatat ada 67 kasus aktif.

Sedangkan di Kecamatan Talun yang berwarna merah tua ada 42 kasus aktif. Kemudian di Udanawu yang juga berwarna merah tua ada 42 kasus aktif dan Kecamatan Wlingi 33 kasus aktif.

"Mapping di masing-masing kecamatan semua masuk zona merah, bahkan ada satu yang hitam dan tiga merah tua karena jumlah kasus aktifnya cukup tinggi," ujar Krisna, Minggu (17/1/2021).

Krisna menyebutkan, dengan masih tingginya kasus Covid-19,  tidak menutup kemungkinan Kabupaten Blitar akan masuk ke zona merah lagi setelah beberapa hari berada di zona oranye. Apalagi Kabupaten Blitar pernah mencatat rekor tambahan kasus tertinggi se-Jawa Timur pada 14 Januari lalu dengan tambahan 107 kasus baru dalam sehari.

"Kalau lonjakan terus meningkat, bisa saja kita menuju zona merah lagi. Untuk itulah, kami meminta agar masyarakat jangan kendor soal protokol kesehatan. Kami minta disiplin karena dampaknya seperti ini," imbuhnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Blitar merupakan salah satu daerah di Jatim yang menerapkan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). PPKM di Kabupaten Blitar dimulai sejak 11 Januari lalu sesuai SE Bupati Blitar No. 331/05/409.06/2021 tentang PPKM Untuk Pengendalian Covid-19.

Ada tujuh poin dalam SE tersebut, termasuk penutupan tempat wisata dan peniadaan kegiatan masyarakat di fasilitas umum seperti gedung/sarana olah raga, kegiatan sosial budaya seperti pagelaran seni, resepsi dan lainnya. (ina/rev)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Selasa, 09 Maret 2021 06:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ternyata banyak orang – bahkan pejabat - yang justru positif Covid-19 setelah vaksin sinovac. Loh? Kenapa? Lalu apa manfaat vaksin?Nah, tulisan Dahlan Iskan pagi ini, Selasa, 9 Maret 2021, menjawab pertanyaan-pertany...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 06 Maret 2021 14:06 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...