Selasa, 09 Maret 2021 14:00

Gelontorkan Sembako Tangguh Covid-19, PP LPBI NU Diapresiasi Wakil Ketua DPRD Jatim

Minggu, 17 Januari 2021 19:05 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Gelontorkan Sembako Tangguh Covid-19, PP LPBI NU Diapresiasi Wakil Ketua DPRD Jatim
ATASI PANDEMI: Anik Maslachah menyerahkan sembako LPBI NU di Desa Sidodadi, Taman, Minggu (17/1/2021). foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pengurus Pusat Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (PP LPBI NU) memberikan bantuan ratusan paket sembako kepada warga Desa Sidodadi, Kecamatan Taman, Minggu (17/1/2021).

Pemberian paket sembako bagian dari Program Penguatan Ketangguhan Masyarakat Menghadapi Covid-19 (PKMM Covid-19) dan Kenormalan Baru ini, mendapat apresiasi dari Wakil Ketua DPRD Jatim, Anik Maslachah.

Diketahui, bantuan paket sembako dalam rangkaian kegiatan program PKMM covid-19 di Desa Sidodadi ini menyasar 931 Kepala Keluarga (KK), setara dengan 36,5% total KK di Desa Sidodadi.

Menurut Anik Maslachah, pemberian bantuan sembako kepada masyarakat di masa pandemi sangat bermanfaat bagi upaya memperkuat ketangguhan masyarakat.

"Masyarakat tidak saja rentan terpapar virus Covid-19, juga rentan terhadap penurunan pendapatannya. Sehingga tidak cukup untuk melindungi dengan protokol kesehatan 3 M saja, tapi perlu dilindungi juga potensi penurunan pendapatan masyarakat baik dalam bentuk bantuan sembako maupun stimulus ekonomi lainnya," cetus Anik yang juga Sekretaris DPW PKB Jatim ini.

Sosok yang diganjar penghargaan sebagai politisi peduli covid-19 dari Accurate Research and Consulting (ARC) Award 2020 ini menjelaskan, Jawa Timur memasuki bulan Januari ini menduduki peringkat pertama dari seluruh provinsi Indonesia terkait infeksi rate (terpapar Covid-19) dan fatality rate (kematian) sehingga berbagai kabupaten di Jawa Timur diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Semua pihak harus patuh protokol kesehatan, memakai masker secara benar, sering cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak. Serta mengurangi aktivitas di luar rumah untuk menurunkan angka infeksi dan kematiannya," jlentreh Anik Maslachah.

Dalam kesempatan yang sama, Anik Maslachah juga mengapresiasi program pembagian paket sembako dengan penggunaan teknologi informasi. Menurutnya, akuntabilitas dan akurasi sasaran penerima manfaat lebih bisa terjamin.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PC LPBI NU Sidoarjo Nur Muchamad Sholichuddin berterima kasih dan apresiasi kepada Wakil Ketua DPRD Jatim Anik Maslachah yang hadir menyaksikan dan memberikan masukan kegiatan distribusi bantuan sembako kepada masyarakat Desa Sidodadi, Kecamatan Taman, Sidoarjo.

Menurut Cak Soleh, panggilan karib Nur Muchamad Sholichuddin, sinergisitas semua pihak dalam menghadapi pandemi Covid-19 sangat dibutuhkan. Kata dia, banyak hal yang bisa dilakukan, untuk menutupi kekurangan yang muncul dari program ini, seperti jangkauan yang lebih luas dari sasaran program saat ini yang hanya di dua desa saja.

"Juga intervensi sosial lainnya seperti penanganan upaya kesehatan masyarakat dan pemulihan sosial lainnya seperti pendidikan dan ekonomi masyarakat," ungkap Cak Soleh.

Cak Soleh menambahkan, dalam program yang dijalankan saat ini juga menyediakan fasilitas rumah karantina di tiap RW desa sasaran untuk mengurangi keterbatasan ruang kamar isolasi pada rumah sakit rujukan dan memutus rantai penyebaran virusnya. (sta/ian)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Selasa, 09 Maret 2021 06:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ternyata banyak orang – bahkan pejabat - yang justru positif Covid-19 setelah vaksin sinovac. Loh? Kenapa? Lalu apa manfaat vaksin?Nah, tulisan Dahlan Iskan pagi ini, Selasa, 9 Maret 2021, menjawab pertanyaan-pertany...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 06 Maret 2021 14:06 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...