Vaksinasi Covid-19 di Kota Madiun Dimulai Hari ini

Vaksinasi Covid-19 di Kota Madiun Dimulai Hari ini Pejabat Forkopimda Kota Madiun menjadi peserta vaksin tahap pertama.

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Kota Madiun mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19. Pencanangan vaksinasi itu dilakukan di Lantai 3 Gedung RSUD Sogaten, Rabu (27/1).

Pada vaksinasi tahap pertama ini, Wali Kota Madiun beserta Wakil Wali Kota Madiun menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19, diikuti jajaran forkopimda, ketua beserta wakil dewan, ketua TP PKK, tokoh agama, dan perwakilan organisasi profesi kesehatan.

Baru di tahap selanjutnya, vaksinasi secara bertahap akan menyasar keseluruh lapisan masyarakat.

“Kenapa Kota Madiun sesegera mungkin mencanangkan pelaksanaan vaksin ini,dikarenakan adanya pertimbangan secara kajian epidemologi, ketersediaan vaksin dan sarana pendukung yang lain. Namun secara kebutuhan sarana dan prasarana penanganan akan terus dicukupi,” ujar Wali Kota Madiun Maidi kepada wartawan di sela-sela proses vaksinasi.

Adapun prosedur vaksinasi ini, para penerima vaksin harus melalui 4 tahap. Tahap pertama atau meja pertamaadalah verifikasi data. Lalu meja keduaadalah screening kesehatan, meliputi riwayat penyakit peserta vaksin, tensi, GDA, dan rapid antigen. Jika peserta dinyatakan sehat, maka bisa dilanjutnya pada tahap selanjutnya.

Kemudian di meja ketigaadalah proses pemberian vaksin secara intra maskular pada lengan kiri. Dan, meja keempatadalah pecatatan dan observasi selama 30 menit untuk memonitor kemungkinan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Wali Kota Maidi menegaskan Pemkot Madiun sangat mendukung program vaksinasi yang merupakan program pemerintah. Karena itu, dirinya bersedia menjadi peserta pertama yang divaksin Covid-19.

“Tujuan dari vaksin ini adalah untuk membentuk kekebalan tubuh, menurunkan kesakitan, dan kematian akibat virus Covid-19,” terangnya.

“Sekali lagi saya imbau kepada masyarakat Kota Madiun, jangan takut divaksin dan mari kita dukung program pemerintah demi kesehatan kita semua,” pungkasnya. (mdn1/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Santri Ponpes Asy Syafi'i Nganjuk Antusias Ikuti Vaksinasi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO