Rabu, 21 April 2021 06:43

Fraksi PDIP DPRD Gresik Minta Penanganan JPD Dikembalikan ke Desa, Jika DPUTR Tak Mampu

Rabu, 17 Februari 2021 13:51 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Fraksi PDIP DPRD Gresik Minta Penanganan JPD Dikembalikan ke Desa, Jika DPUTR Tak Mampu
Salah satu ruas jalan poros desa (JPD) yang rusak.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Banyaknya Jalan Poros Desa (JPD) yang rusak kembali mendapat sorotan dari dewan. Kali ini datang dari Anggota Fraksi PDIP DPRD Gresik, Mega Bagus Saputra.

Ia meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) segera melakukan perbaikan. Sebab, selama ini kepala desa (kades) yang menjadi sasaran protes warganya lantaran jalan rusak tersebut tak kunjung mendapat perbaikan.

"Jadi, dari hasil kunjungan saya ke desa-desa banyak kades mengeluh karena diprotes warganya lantaran tak kunjung memperbaiki JPD rusak. Sementara desa tak punya wewenang karena wewenang perbaikan JPD sudah diambil alih oleh DPUTR," ujar Mega Bagus Saputra kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (17/2/2021).

Bahkan menurut Bagus, begitu sapaan akrabnya, sejumlah kepala desa meminta agar wewenang penanganan JPD dikembalikan ke pemerintah desa jika DPUTR tak mampu menangani. "Sehingga, kalau ada kerusakan JPD, pemerintahan desa bisa langsung melakukan perbaikan dengan memanfaatkan anggaran yang ada seperti Alokasi Dana Desa (ADD)," ungkap politikus asal dapil I (Kebomas dan Gresik) ini.

BACA JUGA : 

Ketua Fraksi PKB DPRD Gresik Tambal Kerusakan Jalan Betoyo-Tanggulrejo Manyar

Kamis, Nur Saidah Dilantik Jadi Wakil Ketua DPRD Gresik, Atek Anggota

Lelang Sekda Gresik Tunggu Restu Mendagri, Ini Pejabat yang Berpeluang

DPUTR Gresik Mulai Perbaiki Kerusakan Jalan Mengare

Apalagi, lanjut Bagus, saat musim hujan. Sehingga kerusakan JPD makin parah. "Dampaknya apa? Jalan sulit dilalui aktivitas kendaraan, terlebih saat warga desa melakukan aktivitas perekonomian," bebernya.

Bagus meminta agar DPUTR memanfaatkan keberadaan tim Unit Reaksi Cepat (URC) yang dimiliki untuk memperbaiki jalan rusak dengan cara tambal sulam. "Jadi, dengan URC jika ada kerusakan kecil JPD langsung diperbaiki, ditambal. Tak dibiarkan, sehingga, kerusakan menjadi parah," cetusnya.

Data yang masuk di Fraksi PDIP, tambah Bagus, ada sebanyak 160 ruas JPD yang tersebar di 18 kecamatan se-Kabupaten Gresik kondisinya rusak, baik rusak berat maupun rusak sedang.

"Saya minta jika DPUTR masih mampu menangani, cepat diperbaiki kerusakan JPD. Jika tak mampu lebih baik dikembalikan lagi wewenangnya ke desa," pungkasnya.

Sementara salah satu petugas lapangan DPUTR Gresik menyatakan saat ini DPUTR telah menyebar pegawai bidang bina marga untuk mendata JPD-JPD yang rusak. "Jadi, dari 160 ruas JPD yang ada, kita data semua. Kita data mana saja yang rusak," katanya.

Langkah tersebut, tambah dia, sebagai tindaklanjut masukan Bupati dan Wabup Terpilih Fandi Akhmad Yani dan Aminatun Habibah saat melakukan pertemuan dengan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dalam pertemuan itu, Gus Yani -sapaan Fandi Akhmad Yani- meminta agar JPD-JPD yang rusak dilakukan pendataan untuk segera diperbaiki. (hud/rev)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 21 April 2021 06:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Mengerikan. Mobil mewah Tesla terbakar. Yang menjadi mistri, tak ditemukan mayat di kursi kemudi. Mayat hanya ditemukan di kursi samping dan jok belakang.Apa sistem autopilot yang jadi kebanggaan Tesla tidak berfungs...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...