5 Rekomendasi Kuliner Enak Jogja Selain Gudeg, Apa Saja?

5 Rekomendasi Kuliner Enak Jogja Selain Gudeg, Apa Saja? Bendul, kudapan khas Yogyakarta yang biasanya disajikan sebagai pengantar minum teh ini tersedia di Bale Raos. foto: baleraos.co.id

BANGSAONLINE.com - Bicara soal Yogyakarta dan kulinernya, nama barangkali jadi hal pertama yang terlintas di pikiran Anda. Hal tersebut sebenarnya tak terlalu mengherankan, karena memang kuliner paling ikonik yang membuat Yogya mendapatkan julukan Kota Gudeg.

Meski demikian, bukan berarti satu-satunya kuliner Yogya yang paling populer dan direkomendasikan hanya , lho! Justru kota yang terkenal akan wisata budayanya ini masih memiliki begitu banyak “harta karun” kuliner lainnya yang tak kalah ikonik dan favorit.

Sebelum Anda memesan tiket Susi Air ke Yogya di sini dan memulai petualangan kuliner Anda, cek dulu daftar rekomendasi berikut ini, yuk! Selamat membaca!

Untuk berkunjung keYogya, kamu bisa pesan tiket pesawatnya di Traveloka. Traveloka memiliki banyak pilihan destinasi dan airline. Baru-baru ini, Susi Air juga bisa pesan di Traveloka lho!

1. Bale Raos

Pada dasarnya, Bale Raos masih berlokasi di kawasan Keraton Yogyakarta. Hanya saja, akses menuju restoran ini masih berada di area yang dapat dilalui oleh masyarakat umum, tepatnya melalui Jalan Ngasem di sisi selatan kompleks Keraton. Di sini, Anda tak hanya akan dimanjakan oleh nuansa khas Jawa, tapi juga oleh beragam pilihan menu yang dibuat dengan resep asli Keraton, lho!

Jadi, kalau Anda penasaran dengan apa saja menu makanan yang disantap bangsawan Keraton Yogyakarta, datang saja ke Bale Raos dan nikmati citarasanya! Bahkan, ada beberapa menu favorit keluarga Keraton yang telah diwariskan turun-temurun di sini, seperti manggar, bestik jawa, dan camilan pisang goreng gulung yang dikenal dengan nama tapak kucing.

2. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut lele adalah hidangan tradisional khas Jawa berupa lele asap, yang disajikan dengan kuah santan pedas. Berlokasi di Jalan Parangtritis dekat kawasan kampus ISI, warung makan legendaris ini sudah berjualan sejak tahun 1960-an.

Yang membuat Mangut Lele Mbah Marto jadi ikonik sampai sekarang adalah aromanya yang khas dan menggoda, serta pastinya citarasa yang selalu konsisten dan tetap autentik. Anda bisa menikmati lele asap di sini dengan sajian dan sambal krecek. Atau, Anda juga bisa menyantapnya bersama dengan oseng daun pepaya yang diolah dengan ahli sehingga rasanya sama sekali tidak pahit.

Lihat juga video 'Mulai dari 10 Ribu, Warung Omahe Dewe di Kediri Sediakan Masakan Khas Pedesaan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO