Begini Respons Kadinsos Gresik Terhadap Pasutri Cacat dan Lumpuh di Desa Suci

Begini Respons Kadinsos Gresik Terhadap Pasutri Cacat dan Lumpuh di Desa Suci Kadinsos Gresik Sentot Supriyohadi. (foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Gresik Sentot Supriyohadi merespons adanya pemberitaan pasangan suami istri (pasutri) Bakri dan Insanah, warga miskin yang tinggal di Desa Suci RT 02 RW 04, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.

Pasutri yang kondisi fisiknya bungkuk tersebut sejauh ini belum pernah menerima bantuan dari pemerintah, baik berupa Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

Sentot membenarkan, kalau pasutri yang masuk kategori miskin tersebut selama ini tak terdata dalam PKH maupun BPNT. "Benar. Keluarga Bakri belum terdata dalam PKH dan BPNT yang diterimakan setiap bulan," ungkap Sentot kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (21/2/2021).

Karena itu, lanjut Sentot, saat ini tengah melakukan pendataan terhadap keluarga Bakri untuk dimasukkan dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). Setelah masuk DTKS, keluarga Bakri bisa dimasukkan dalam daftar KPM (Keluarga Penerima Manfaat) PKH maupun BPNT.

"Dimasukkan dulu dalam DTKS. Baru setelah itu didaftarkan menjadi peserta PKH maupun BPNT," bebernya.

Sentot mengaku, langsung klarifikasi ke Pemerintah Desa Suci pasca-mencuatnya pemberitaan BANGSAONLINE.com dengan judul "Potret Kemiskinan di Daerah Industri, Pasutri Cacat dan Lumpuh di Suci Manyar Luput Perhatian". Pihaknya memastikan jika pasutri itu memang belum menerima PKH dan BPNT.

"Menang setelah kami cek benar adanya. Pasutri tersebut tak terdaftar di PKH dan BPNT," ungkapnya.

BACA JUGA: Potret Kemiskinan di Daerah Industri, Pasutri Cacat dan Lumpuh di Suci Manyar Luput Perhatian

Namun, tambah Sentot, pihak Desa Suci sempat memberikan BLT (Bantuan Langsung Tunai) DD (Dana Desa) kepada keluarga Bakri pada tahun 2020 lalu. "Jadi, keluarga tersebut pernah mendapatkan BLT DD dampak Covid-19," terangnya.

Selain klarifikasi ke Desa Suci, Sentot juga datang ke Polsek Manyar untuk tindak lanjut keluarga Bakri. "Kemarin kami ke Polsek Manyar. Kejadian tersebut juga sudah dapat perhatian dari Kapolsek Manyar yang menginstruksikan bhabinkamtibmas untuk kirim sembako," pungkasnya. (hud/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO