Kamis, 25 Februari 2021 20:57

Ini Sebab Roda Ekonomi di Wisata Bektiharjo Tuban Makin Lesu

Minggu, 21 Februari 2021 19:44 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
Ini Sebab Roda Ekonomi di Wisata Bektiharjo Tuban Makin Lesu
Hari libur, sendang di Wisata Bektiharjo sepi pengunjung, hanya beberapa orang saja yang tampak.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Roda ekonomi di Wisata Alam Pemandian Bektiharjo milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban yang berada di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding semakin lesu.

Banyak pemilik warung yang tutup meski hari libur atau akhir pekan. Padahal sebelum pandemi Covid-19, ketika hari libur dan akhir pekan banyak kios atau warung dipadati pengunjung. Pemilik warung pun sambat atas kondisi tersebut.

"Ya, sekarang makin sepi. Padahal setiap hari Minggu ramai. Sejak pandemi semakin sepi," ungkap Bu Lik, salah satu pemilik warung saat ditemui, Minggu (21/2).

Sepinya Wisata Pemandian Bektiharjo juga membuat sejumlah pedagang harus memutus kontrak lapak. Terhitung ada 2 warga sekitar yang sudah memutus kontrak lapak dengan Disparbudpora Kabupaten Tuban. Pasalnya, pemasukan yang didapat tidak sebanding dengan nilai sewa lapak yang dinilai sangat mahal.

"Mungkin sepi mas, jadi diputus kontraknya. Kalau lapaknya ada di depan," timpal pedagang lain.

Sejak pandemi Covid-19 jumlah pengunjung di Wisata Pemandian Bektiharjo memang terus menurun. Jika sebelum Covid-19, jumlah pengunjung mencapai ratusan orang setiap akhir pekan.

Namun sejak pandemi,  jumlah pengunjung terus mengalami penurunan, hanya di angka puluhan. Ditambah lagi, harga tiket masuk yang dianggap mahal, yakni Rp 10.000 per orang untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. "Ya mas saat ini makin sepi," ujar Huda pengunjung Wisata Bektiharjo.

Mengenai sepinya Wisata Bektiharjo, Kabid Pariwisata, Disparbudpora Kabupaten Tuban Suwanto tak menampiknya. Menurut Suwanto, sepinya wisata dampak pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM. Sehingga masyarakat lebih cenderung di rumah.

Suwanto mengatakan kondisi ini tidak hanya terjadi di Wisata Alam Pemandian Bektiharjp, tapi hampir semua kondisi wisata di Tuban sepi. Termasuk yang dikelola pihak Pokdarwis.

Oleh sebab itu, pemkab terus mendorong pengelola untuk mengembangkan wisatanya di masa pandemi agar bisa tetap eksis. "Kalau di Wisata Bektiharjo kami akan menambah wahana baru dengan membuat taman yang rencananya ada di depan wisata," beber Wanto, sapaan akrab Suwanto.

Diketahui, Pemandian Bektiharjo merupakan wisata alam yang menyuguhkan kolam renang, kolam sendang, dan pohon-pohon besar yang dihuni beberapa ekor kera. Jarak wisata ini dengan pusat Kota Tuban sekitar 5 kilometer. Bisa dijangkau naik motor serta mobil. (gun/ian)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Kamis, 25 Februari 2021 07:52 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dahlan Iskan, wartawan kondang ini memang punya wawasan luas tentang ekonomi. Maklum, ia punya background sebagai pengusaha sukses. Bahkan mantan menteri BUMN. Maka ketika menulis tentang revaluasi aset negara sangat...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 20 Februari 2021 09:40 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...