Rabu, 14 April 2021 23:01

Gubernur Sulsel yang Guru Besar itu Ditangkap KPK, Ini Profilnya

Sabtu, 27 Februari 2021 08:56 WIB
Editor: mma
Gubernur Sulsel yang Guru Besar itu Ditangkap KPK, Ini Profilnya
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah. foto: suarasulsel.com

MAKASSAR, BANGSAONLINE.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan menangkap Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah lewat Operasi Tangkap Tangan (OTT). Ia ditangkap bersama seorang pengusaha dan empat orang lain di Rumah Jabatan (Rumjab) di Makassar. Dalam OTT pada Jumat (26/2/2021) itu juga ditemukan uang miliaran rupiah.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron kepada wartawan, Sabtu (27/2/2021), membenarkan bahwa pihaknya telah menangkap Nurdin Abdullah.

"Betul, hari Jumat tanggal 26 Feb 2021 tengah malam KPK melakukan giat melakukan tangkap tangan pelaku korupsi di wilayah Sulsel. Kami masih bekerja belum dapat memberikan penjelasan detail siapa saja dan dalam kasus apa," kata Nurul Ghufron dikutp detik.com.

Sekretaris Provinsi Sulawesi Selatan Abdul Hayat Gani mengaku kaget mendengar penangkapan Gubernur Nurdin Abdullah oleh (KPK). Ia mengakui ada yang menelponnya pada Subuh terkait kabar tersebut.

BACA JUGA : 

KPK Belum Tentukan Tersangka Kasus Korupsi PDAM Gresik, Tunggu Jumat Keramat?

Selain PDAM, Sejumlah Anggota DPRD Gresik Periode 2009-2014 dan 2014-2019 Diduga Masuk Radar KPK

KPK Juga Usut 5 Perkara Dugaan Korupsi Lain Pada Mantan Bupati Gresik, Apa Saja?

KPK Cari Sambari Halim, Mantan Bupati Gresik itu Ditemukan Stroke, Istirahat di Rumah Mewah

Sekretaris Provinsi Sulawesi Selatan Abdul Hayat Gani mengaku kaget mendengar penangkapan Gubernur Nurdin Abdullah oleh (KPK). Ia mengakui ada yang menelponnya pada Subuh terkait kabar tersebut.

"Makanya saya juga kaget karena ada yang telpon tadi subuh soal itu. Karena saya tidur jam 2 malam jadi kaget juga pas bangun," kata Hayat dikutip suara sulsel.com, Sabtu (27/2/2021).

Ia mengaku sedang berkoordinasi dengan KPK. "Saya juga belum bisa benarkan, saat ini masih konfirmasi ke Pak Choky (Mantan Direktur Korsupgah wilayah IV)," katanya.

Meski demikian Hayat sudah mengonfirmasi pada pihak bandara. Jawabannya? Ternyata betul Nurdin berangkat ke Jakarta dini hari tadi. "Saya juga sudah kabari orang bandara karena kan ada yang selalu urus tiketnya kalau mau pergi, dan betul beliau berangkat dini hari tadi ke bandara," kata Hayat.

Sebelumnya, Juru Bicara Nurdin Abdullah Veronica Moniaga mengaku belum bisa mengonfirmasi hal tersebut. "Tabe, sejauh ini kami belum bisa mengonfirmasi hal ini sekarang. Secepatnya akan kami kabari apabila sudah terima informasi," kata Vero.

Vero juga enggan berkomentar saat ditanya lebih lanjut soal dugaan penangkapan tersebut.

Seperti apa profil Nurdin Abdullah? Nama lengkapnya: Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr. Menurut wikipedia, Nurdin Abdullah lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, 7 Februari 1963. Berarti usianya kini 58 tahun.

Nurdin Abdullah adalah Gubernur Sulawesi Selatan periode 2018-2023. Ia didampingi Andi Sudirman Sulaiman sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Selatan.

Pada Mei 2015 Nurdin menerima penghargaan "Tokoh Perubahan" dari surat kabar Republika bersama tiga pejabat daerah lainnya.

Nurdin Abdullah terpilih sebagai Gubernur Sulsel pada Juni 2018 bersama Andi Sudirman Sulaiman. Ia mendapatkan suara terbanyak pada pemilihan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan periode 2018-2023

Sebelumnya, Nurdin Abdullah menjabat Bupati Kabupaten Bantaeng dua periode. Yaitu 2008 hingga 2013 periode 2013 - 2018. Pada Mei 2015 Nurdin menerima penghargaan "Tokoh Perubahan" dari surat kabar Republika bersama tiga pejabat daerah lainnya.

Pada 15 Agustus 2016, Ia mendapat anugerah Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama dari Presiden Indonesia Joko Widodo. Tanda Jasa ini dianugerahkan kepada empat tokoh yang dinilai telah memberikan sumbangsih dalam bidang sosial kemanusiaan.

Nurdin Abdullah merupakan anak pertama dari enam bersaudara. Ayahnya berasal dari Kabupaten Bantaeng (Butta Toa') dan merupakan keturunan Raja Bantaeng ke-27. Sedangkan ibunya dalam keseharian menjadi ibu rumah tangga (IRT) dan berasal dari Soppeng. Ia menikah dengan Ir. Hj. Liestiaty F. Nurdin, M. Fish pada tanggal 11 Januari 1986 dan telah dikaruniai 1 anak perempuan dan 2 anak laki-laki. (tim)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...