Sambut Kornas dan Event Internasional 2021, Jemparingan Bangkalan Gelar Latber

Sambut Kornas dan Event Internasional 2021, Jemparingan Bangkalan Gelar Latber Para atlet panahan jemparingan foto bersama usai latihan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Maskur Hidayat duduk bersimpuh, sembari menarik busur yang terbuat dari bambu. Ia fokus membidik target dengan tepat. Posisi tersebut merupakan gaya , filosofi khas Kerajaan Mataram.

Maskur Hidayat yang merupakan Ketua Pengadilan memang sedang membuka latihan bersama (latber) di Lapangan Sunggo Sukoharjo Bancaran , Kamis (11/3/2021).

"Panahan adalah dengan gaya bersimpuh. Hal ini bagian dari karakteristik watak kesatria. Inilah bedanya dengan lainnya yang berdiri, karena dengan duduk bersimpuh," ujar Maskur Hidayat. 

"Panahan berbeda dengan modern, membutuhkan konsentrasi dan fokus, dan membidik sasaran yang kecil, selain membentuk karakter," tambahnya.

Lanjut Maskur, latber kali ini sengaja digelar dalam rangka memberikan motivasi dan melestarikan budaya, serta persiapan menyambut Kejuaraan Nasional (Kornas) di Palembang dan menyambut event International di Portugal tahun 2021.

Sementara Rahmat, Ketua Jemparingan menjelaskan, mengatakan hal senada dengan Maskur Hidayat. Menurut Rahmat, latihan bersama ini bertujuan memompa semangat para atlet yang telah lama tidak melakukan latihan akibat adanya pandemi Covid-19.

"Selain itu, latihan ini untuk mempersiapkan diri menyambut event nasional dan internasional, dan tentu untuk melestarikan dan membumikan seni budaya lokal," ujarnya

Latihan bersama atlet jemapringan se-Madura ini juga diikuti dari perwakilan Kota Surabaya, Gresik, dan Mojokerto. Total ada 60 atlet yang mengikuti latber. (uzi/zar/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO