Sabtu, 17 April 2021 18:46

Kepastian Pelaksanaan Pilkades Serentak di Bangkalan Tunggu Awal April

Senin, 29 Maret 2021 20:58 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Fauzi
Kepastian Pelaksanaan Pilkades Serentak di Bangkalan Tunggu Awal April
Bupati Bangkalan Abdul Latif Imron.

BANGKALAN, BANGSAONELINE.com - Tahapan proses pilkades serentak pertama di Bangkalan akan memasuki batas akhir verifikasi data bakal calon pada tanggal 1 April mendatang.

"Kemudian akan dilanjutkan tahap uji kompetensi yang akan direncanakan dari tanggal 2 - 7 April, dan setelah itu baru penetapan calon kepala desa," kata Bupati Bangkalan Abdul Latif Imron saat rapat koordinasi dengan muspida, tim ahli, TFPKD, muspika, perwakilan Asosiasi Kepala Desa (AKD), serta panitia pemilihan kepala desa di Pendopo Agung, Senin (29/3/2021).

Saat ini, kata Ra Latif-sapaan Bupati Bangkalan, masih ada satu desa yang bakal calonnya kemungkinan tinggal satu orang dari sebelumnya ada dua orang. Sebab, satu bacalon itu saat ini sedang sakit keras, meski belum mengajukan mundur.

"Ada satu desa yang kabarnya sakit keras (bacalon), yang kemungkinan akan mengajukan mundur, secara resmi belum mengajukan mundur," tuturnya.

BACA JUGA : 

Bantuan Rp 1,2 Juta Bisa Cair untuk UMKM Bangkalan, Ini Syaratnya

Temui Banyak Kejanggalan, Kuasa Hukum Bacakades Patenteng Minta P2KD Diambil Alih Pemkab Bangkalan

Ayu Khoirunita, Istri Muda Bupati Bangkalan Tampil Modis Promosikan Batik

Tingkatkan Pelayanan Puskesmas, Komisi D DPRD Bangkalan Panggil Enam Kapus Baru

Saat ditanya kepastian pelaksanaan tanggal pelaksanaan pilkades, Ra Latif mengaku belum bisa menjawabnya karena masih menunggu kepastian dari satu desa tersebut.

Sementara saat dimintai respons terkait usulan masyarakat yang meminta pilkades diundur setelah bulan Ramadan, Ra Latif mengaku masih menampungnya. Diketahui, Pilkades Bangkalan dijadwalkan tanggal 2 Mei 2021 bertepatan dengan bulan Ramadan.

"Hal itu (usulan pilkades diundur) bagian dari masukan dari masyarakat, akan kita tampung. Hanya kalau dimundurkan akan menambah anggaran lagi," jelasnya seraya menambahkan bahwa kepastian pelaksanaan pilkades serentak akan ditentukan pada 1 April.

Sementara Ahmad Ahadiat, Ketua Tim Fasilitator Pemilihan Kepala Desa Kabupaten Bangkalan menjelaskan bahwa pihaknya selama ini terus melakukan koordinasi dengan TP2KD. "Melakukan monitoring serta mengkroscek untuk mengantisipasi hal-hal yang muncul di bawah," ucap Ahmad yang juga menjabat Kepala DPMD Bangkalan ini.

Ia mengungkapkan, para bakal calon akan segera menjalani uji kompetensi yang dilakukan TFPKD bekerja sama dengan Universitas Trunojoyo Madura (UTM). "Terkait kapan pelaksanaannya tergantung pihak tim ahli," jelasnya. (uzi/ian)

​Mengenang Masa Lalu, Ngabuburit Sambil Bermain Meriam Bambu
Jumat, 16 April 2021 22:03 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa, atau ngabuburit.Salah satunya seperti yang dilakukan bocah di Kota Pasuruan, Jawa Timur. mereka bermain meriam bambu di tanah lapang.Sepert...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 17 April 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Setelah banyak mendapat dukungan dari para tokoh, dokter, dan bahkan jenderal, tampaknya uji fase II Vaksin Nusantara akan lanjut. Tentu di luar BPOM.Apa itu Ilegal? Nah, silakan ikuti tulisan Dahlan Iskan di Disway d...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 17 April 2021 11:15 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...