Paus Pembunuh yang Mati Terdampar di Pantai Bangsring Banyuwangi Akhirnya Dikubur

Paus Pembunuh yang Mati Terdampar di Pantai Bangsring Banyuwangi Akhirnya Dikubur Ikan paus orca yang mati terdampar di Pantai Bangsring, Banyuwangi.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Paus pembunuh atau orca yang ditemukan mati terdampar di kawasan Pantai Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, akhirnya dikuburkan di pesisir pantai setempat, Minggu (4/4/2021) siang.

Tim gabungan dari Kementerian Kelautan BPSPL, BKSDA, Satpolairud Polresta , dan Kodim 0825 dibantu warga setempat mengubur bangkai ikan mamalia laut tersebut secara manual.

Untuk mempermudah proses penguburan, ikan predator sepanjang 6,1 meter dan berbobot kurang lebih 15 ton itu terlebih dahulu dimutilasi beberapa bagian menggunakan gergaji mesin. Lalu potongan bagian besar ikan penguasa lautan itu diseret menggunakan katrol ke liang yang digali sedalam kurang lebih 1,5 meter. Baru kemudian ditimbun pasir pantai.

(Bangkai yang dipotong-potong lalu diseret menggunakan katrol ke pinggir pantai)

"Berdasarkan pedoman Kementerian Kelautan, sebenarnya ada tiga cara untuk menangani mamalia laut yang ditemukan mati terdampar. Yakni dengan cara dikubur, dibakar, dan ditenggelamkan di tengah laut," kata Permana Yudiarso, Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, Minggu (4/4 /2021).

"Kita memilih dikubur karena untuk kepentingan penelitian, sekaligus melakukan nekropsi dengan mengambil beberapa bagian tubuhnya seperti saluran pencernaan, sonar, hingga mulut untuk mengetahui penyebab kematiannya," imbuhnya.

Lihat juga video 'Cuaca Kurang Bersahabat, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Ditutup':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO