Hujan Deras di Lereng Wilis, Pos Ronda di Balai Dusun Kalibago Kediri Hanyut Terbawa Banjir

Hujan Deras di Lereng Wilis, Pos Ronda di Balai Dusun Kalibago Kediri Hanyut Terbawa Banjir Plengsengan di depan Balai Dusun Kalibago, Desa Kalipang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri ambrol tergerus banjir. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Hujan deras di Lereng Gunung Wilis, Minggu (4/4/2021) kemarin, menyebabkan Sungai Kalibago meluap. Akibatnya, bangunan berupa pos ronda yang berada di halaman Balai Dusun Kalibago, Desa Kalipang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri hanyut terbawa banjir.

Tidak hanya menghanyutkan bangunan pos ronda, banjir bandang tersebut juga membuat plengsengan sungai di sisi selatan Balai Dusun Kalibago, ambrol hingga membahayakan bangunan balai dusun. Padahal, pada akhir bulan Februari tahun 2020 lalu, banjir serupa sudah membuat plengsengan di sisi lain balai dusun, juga ambrol.

Plengsengan yang ambrol digerus banjir tahun 2020 lalu, sudah dibenahi dengan dipasang bronjong. Setahun telah berlalu, tepat pada Minggu (4/4/2021) kemarin, kawasan Desa Kalipang diguyur hujan deras dan kembali merusak plengsengan bahkan menghanyutkan pos ronda.

Plt. Kepala BPBD Kabupaten Kediri Slamet Turmudi membenarkan kejadian hanyutnya bangunan pos ronda dan ambrolnya plengsengan akibat meluapnya Sungai Kalibago tersebut.

Menurut Slamet, begitu mendapat informasi kejadian di Desa Kalipang Grogol tersebut, pihaknya langsung mengirimkan tim untuk mengecek di lapangan. "Saat ini masih dalam proses asesmen. Tapi bantuan bronjong sudah kami kirimkan," kata Slamet Turmudi, Senin (5/4/2021).

Perlu diketahui, lanjut Slamet, bahwa wilayah Desa Kalipang yang berada di Lereng Wilis ini memang rawan longsor, bila sedang musim hujan seperti saat ini. "Untuk itu, kami mengimbau kepada masyarakat yang bertempat tinggal di Lereng Gunung Wilis, agar selalu waspada, terutama bila sedang turun hujan," pungkas Slamet. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pria di Kediri Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Api':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO