Rabu, 21 April 2021 13:06

Diduga Jadi Lumbung Pungli dan Premanisme, Massa BPI Tuntut Kepala DPMPTSP Mundur

Rabu, 07 April 2021 17:25 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Fauzi
Diduga Jadi Lumbung Pungli dan Premanisme, Massa BPI Tuntut Kepala DPMPTSP Mundur
Abdurrahman Taher saat orasi di depan Kantor DPMPTSP Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ainul Gupron, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bangkalan diminta mundur dari jabatannya. Hal itu diduga karena instansi yang dia pimpin saat ini menjadi lumbung pungutan liar (pungli) alias korupsi.

Selain maraknya pungutan liar yang terjadi secara massif dan sistematis, Ainul Gupron diduga telah melakukan pengancaman ke kantor LSM Badan Penelitian Independen (BPI) di Perumahan Green Asri selama satu minggu, dari 29 Maret - 03 April 2021, dengan cara mengirim preman.

"BPI memiliki bukti rekaman pengancaman yang disuruh oleh Ainul Gupron, Kepala Dinas Perizinan. Bahkan beberapa jam sebelum aksi demo digelar," ucap Yudika Saputra, anggota BPI dalam orasinya di depan Kantor DPMPTSP, Rabu (7/4/2021).

Dalam aksi itu, Abdurrahman Taher sebagai korlap aksi meminta Ainur Gupron untuk menandatangani surat mundur sebagai kepala DPMPTSP lantaran di instansi yang ia pimpin pungutan liar tumbuh subur.

BACA JUGA : 

Meski Banyak Panitia P2KD Mengundurkan Diri, Masyarakat Desa Lomaer Minta Pilkades Tidak Ditunda

Kelompok Masyarakat Gerbang Timur Laporkan Dugaan Korupsi BUMD Bangkalan ke KPK dan Kejagung

Dua Kali Mangkir, Terpidana Kasus Korupsi Kambing Etawa Segera Dieksekusi Kejari Bangkalan

Terus Dalami Indikasi Tipikor di BUMD, Kajari Bangkalan: ​Belum Ada Pemanggilan Bupati

Menurutnya, pungli dan aksi premanisme itu mencoreng Bupati Bangkalan, karena melenceng dari visi-misinya. Bahkan menghambat investasi di wilayah yang dikenal dengan Kota Zikir dan Sholawat ini.

Dalam aksi demo tersebut, massa BPI gagal bertemu dengan Ainur Gupron karena sedang menghadiri kegiatan penanaman sejuta pohon di Tanah Merah. Sebagai gantinya, Sekretaris DPMPTSP Eriyadi Santoso yang menemui para pendemo.

"Kepala dinas tidak dapat menemui karena lagi menghadiri launching penanaman sejuta pohon. Saya berjanji akan menyampaikannya kepada yang bersangkutan," ujar Eriyadi.

Dia mengatakan, selama ini DPMPTSP terus berusaha melayani investor agar mau menanamkan modal di Bangkalan. Sedangkan terkait premanisme, Eriyadi membantah mengirimkan orang untuk mengancam kantor BPI. 

Setelah aksi di kantor DPMPTSP,  rombongan aksi bergeser ke Pemkab Bangkalan. Tuntutannya sama, meminta agar Bupati R. Abdul Latif Imron Amin mencopot Ainur Gupron dari jabatannya sebagai kepala DPMPTSP.

Sementara Sekda Taufan Zairinsjah yang menemui massa menjelaskan bahwa pencopotan Ainur Gupron membutuhkan proses. Termasuk meminta pertimbangan dari provinsi. Namun, ia berjanji menindaklanjuti hal tersebut melalui inspektorat. "Kita tunggu hasil evaluasi dari inspektorat," jelasnya. (uzi/ian)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 21 April 2021 06:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Mengerikan. Mobil mewah Tesla terbakar. Yang menjadi misteri, tak ditemukan mayat di kursi kemudi. Mayat hanya ditemukan di kursi samping dan jok belakang.Apa sistem autopilot yang jadi kebanggaan Tesla tidak berfung...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...